Tuesday, June 29, 2010

Rhinofed obat pilek


Saat misoa kena flu, aku ngasih obat umum semacam Nelco, OBH atau Fludane, plus Vitalong C atau Ester C. Aku juga gencar ngempanin dia makan yang banyak dan menyuruhnya istirahat terus, dan memang dia tidur terus karena ada efek obat-obatan tadi. Suatu kali aku ke pasar dan menanyakan obat flu apa yang paling ampuh pada toko obat di sana. Dan dia bilang "RHINOFED".. dasar aja aku gemblung, aku beli juga obat itu berharap si misoa akan segera sembuh dari flunya. Satu Strip isi 10 butir dengan harga Rp. 18.000,- Kata si mbak penjualnya, minumnya 3 kali sehari.

Sampai rumah kusuruh misoa minum lalu menyuruhnya tidur. Aku sebenarnya sudah mulai terkena gejala flu juga ketularan dia, meler terus plus kepala rasanya cenut-cenut, belom lagi tenggorokan ga enak, tapi kutahan saja. Dan tadinya mau ikutan minum Rhinofed juga, tapi ga jadi, kupikir belum parah lah...jadi aku hanya minum Vitamin C dan makan yang agak banyak dari biasanya.

Sore harinya, saat semua kerjaan agak santai, aku browsing mengenai obat ini. Dan ternyata, katanya Rhinofed bukan obat flu, tapi obat pilek. Flu adalah semacam penyakit karena virus, sedangkan pilek adalah efek alergi (biasanya) seperti jika kena dingin orang akan bersin-bersin dan hidung meler (pilek). Efek yang pernah dilaporkan juga adalah obat ini bisa membuat alergi baru bagi peminumnya, terutama untuk lansia.

RHINOFED

Indikasi :
- Rinitis alergika
- Rinitis vasomotor

Kontra Indikasi :
- Pemakaian obat simpatomimetik dikontraindikasikan pada penderita dengan penyakit kardiovaskuler seperti: insufisiensi koroner, aritmia dan hipertensi berat.
- Wanita hamil, menyusui dan penderita yang sedang diterapi dengan penghambat monomain oksidase (MAO).
- Hipersensitivitas terhadap pseudoephedrine atau terfenadine.
- Pemberian bersama ketokonazol dan derivat azol yang lain atau obat golongan makrolid.
- Penderita dengan gangguan fungsi hati.

Efek Samping :
- Gangguan saluran cerna: anoreksia, mual, muntah, sakit perut dan mulut kering.
- Gangguan susunan saraf pusat: insomnia, gelisah dan ansietas.
- Kardiovaskular: palpitasi, takikardi dan hipertensi.
- Terfenadine jarang menimbulkan efek samping sedasi atau antikolinergik.
- Efek samping lain yang pernah dilaporkan adalah nyeri abdomen dan dispepsia, alopesia, reaksi anafilaksis, angioedema, aritmia jantung, bronkospasme, ngangguan mood, konvulsi, depresi, pusing, sakit kepala, insomnia, ikterus, ngangguan fungsi hati termasuk peningkatan transaminase, ngangguan haid, nyeri muskuloskeletal, nightmare, ruam, keringat dingin, tremo, dan gangguan visual.

Asli... aku seharusnya lebih perhatian dengan obat-obat yang secara bebas diperjualbelikan di toko obat (bukan apotik), bukan berarti apapun yang penjualnya sodorkan adalah baik buat si penderita, bukan berarti jika sering berkecimpung dalam obat-obatan menjadikan mereka seorang apoteker atau dokter handal. Aku emang payah koq.. tapi memang sih, untuk penyakit batuk dan flu biasanya orang males banget ke dokter, mereka lebih memilih untuk membeli obat bebas di pasaran, lebih murah, lebih mudah, syukur-syukur manjur, ga mesti ribet harus ke dokter. Begitulah manusia...manusia payah kayak aku..!

Untunglah..alhamdulillah misoa udah agak mendingan, dia hanya tinggal istirahat sehari dua hari lagi pasti sudah sembuh. Tinggal aku nih... apa makin parah atau tidak lihat nanti... hiks.. :( pokoknya makan dan makan, tidur dan tidur, jangan lupa minum vitamin...!

Get well soon, Ay..!

2 comments:

  1. Saya juga sedang flu, kemarin sy ke apotek century, sy tanya obat untuk flu, sy di kasih rhinofed, awalnya flu sy belum parah, baru gejala sj, setelah minum obat ini malah jadi makin parah bukannya sembuh, atau mungkin sedang proses penyembuhan. Mau ke dokter males. Sy biarkan sj sambil makan yg banyak sj sama minum vitamin c, bingung apakah rhinofed ini masih akan sy minum atau stop aja ya. Mohon sarannya. Terima kasih.

    Salam
    Harry

    ReplyDelete
  2. apa ada obat flu yg menyembuhkan atau mematikan virus influenza? Flu and Pilek penyebabnya virus, sekali kena virus setahu saya ga bisa sembuh, artinya virus akan beredar didalam darah dan disaat kondisi kita lemah virus akan beraksi dan menyebabkan Flu atau Pilek.
    Semua obat flu atau pilek tidak bisa menyembuhkan, hanya bisa meredakan gejalanya. Kalau anda berpikir minum obat flu atau pilek kok ga sembuh2 ya anda salah, gejalanya saja yg disembuhkan. Cara yg tepat adalah meningkatkan imun tubuh anda pada serangan virus.

    ReplyDelete