Saturday, July 17, 2010

Da'wah (bukan) karaoke

Sudah dua hari ada acara pengajian di sebuah mesjid di dekat rumah mertua di Semarang, acara yang yang sakral dan sangat baik sebenarnya untuk menghormati nabi besar Muhammad SAW yang dikenal dengan Isra Mi'raj. Tapi yang terjadi adalah ustadnya lebih sering bernyanyi dibandingkan berda'wah. Dia sepertinya hafal semua lagu dari qosidahan, dangdut, sampe lagu pop.

Ngomong bentar, trus nyanyi, ngomong lagi bentar, trus nyanyi. Aku yang denger rasanya jadi risih, aku memang tidak menghadiri acara pengajian itu, tapi corongnya ngadep sini, jadi suaranya mentok sampai ke rumah mertua. Duh, pak ustad, sebenarnya sampeyan ki mau karaokean opo ceramah tho? Mbok dikurangi nyanyi-nyanyinya, taruhlah qosidahan ga papa..lha mosok pake nyanyiin lagu dangdut juga?...


Bukannya melarang ustad bernyanyi dangdut, hanya saja tidak pada tempatnya saat jamaah seharusnya serius mendengarkan masalah agama, tapi malah disuguhi ceramah yang dibumbui lagu-lagu dangdut ataupun pop. Kalau memang senang nyanyi, ya nantilah kalo udah di rumah, atau setelah selesai ceramahnya, bisa main ke karaoke dan menyanyi sekeras-keras di sana.
Mertuaku sampe geli dengerin ustad itu nyanyi, lha wong lucu karena kadang liriknya dibelokin semaunya dia. Semua pembicaraannya menggunakan bahasa Jawa juga lagu-lagunya. Sebagian malah sering aku denger di acara semacam srimulat.

Bener-bener nih ustadnya...hobi bener ama nyanyi...! Mosok jamaahnya disuruh ikutan nyanyi..."Ayo yang ikut teriak 'oe..oe' tak doain rejekinya lancar, dan anaknya menjadi anak yang sholeh sholehah...!" Lha piye sih? Mbok mendingan berdoa aja deh pak..malah ra keruan ngono....

Akhirnya selesai juga tuh ceramahnya, dan alhamdulillah ditutup dengan doa yang bener, coba kalo berdoa sambil nyanyi dangdut lagi...sambit sisan tuh toanya dari sini pake tombak..!

Ampun deh...

Astagfirullah..aku malah ngedumel ga jelas..hehehe... abis toanya kwenceeng buanget sih! .. :D
..
..

Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

4 comments:

  1. Saking bingung mau ngapain, jadi nulis ra genah trus... Payah..

    ReplyDelete
  2. Asman Adi PurwantoJuly 18, 2010 at 3:45 PM

    sekarang ustad juga pada pnter nyanyi,.. kalau ga ada lagunya katanya ga rame jamaah,..

    ReplyDelete
  3. rusaknya sedikit tapi intinya mengajak kebaikan teh, mudah mudahan ada manfaatnya biarpun sedikit.
    habis ustadnya takut ngga laku sih kalo ceramahnya standar jadi diselingi dangdut deh....

    ReplyDelete
  4. @Asman :
    biasanya begitu.. bisa jadi suaranya bagus juga saat mengaji..

    @Gerings :
    betul.. semoga saja jamaahnya bisa mengambil dari yang sedikit itu, bukan nyanyi2nya.. sayangnya skg ada juga sampe ikutan joget ngebor gitu ustadnya..

    thx komennya temans..!

    ReplyDelete