Thursday, July 29, 2010

Gallery Hotel Kresna, Wonosobo

Muter-muter di Wonosobo mencari penginapan yang dekat dengan tengah kota, yaitu dekat dengan alun-alun. Dan akhirnya ketemu hotel ini, namanya Gallery Hotel Kresna. Dari hotel ini ke alun-alun tidak begitu jauh, setidaknya bisa dijangkau dengan jalan kaki.

Gallery Hotel Kresna adalah hotel berstandar internasional pertama di jantung propinsi Jawa Tengah. Katanya bangunan hotel tersebut sudah berdiri sejak jaman Belanda, dan masih asli seperti yang terlihat sekarang ini, kemungkinan ada renovasi sedikit tetapi tanpa meninggalkan unsur klasiknya.

Dinamakan 'Gallery' karena di dalamnya kita bisa mendapati banyak lukisan yang hampir keseluruhannya karya Bambang Riyadi Soegomo, hampir mirip seperti gedung pameran saja, dan lukisan-lukisan tersebut menempati setiap sisi dinding bangunan dalam.

Saat kami di sana, banyak sekali turis mancanegara dari Belanda yang menginap, sampai-sampai saat sarapan
pagi, hanya kami saja orang pribumi yang berada di restaurant itu. Serasa berada di negeri Belanda, karena mereka berkomunikasi menggunakan bahasa ibu mereka.....


Yang unik, diantara tujuh daftar tarif (rate) kamar yang ada, ada dua tarif kamar yang menurutku harganya lumayan mahal tapi tidak menyediakan AC di kamarnya. Ketika kutanya kenapa, mereka bilang "udara di sini sejuk dan dingin ketika malam, jadi tidak perlu pakai AC juga sudah dingin, bahkan di kamar dengan tarif di atas dua kamar tadi sangat jarang menyalakan ACnya karena sudah hawanya memang sudah dingin di luar." Dan memang benar yang dikatakan pegawai tadi, malamnya bahkan kami harus berselimut tebal padahal tidak memakai AC. Total keseluruhan kamar adalah 115, isinya juga lengkap.

 Secara keseluruhan Gallery Hotel Kresna ini sangat cantik, lapangan parkirnya juga lumayan luas. Ntah sebenarnya bintang berapa hotel ini, tapi ketika aku lihat brosurnya ada empat bintang tergambar di sana, mungkin saja berbintang empat. Sarapan yang disediakan pun sarapan bule macam sosis, omelet, hotdog dan banyak lagi, tapi tetap ada nasi goreng sih ..

Untuk keterangan lebih lanjut, bisa dibaca di sini.
Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penjelasan, terima kasih :-)

Gallery Hotel Kresna 
Jl. Pasukan Ronggolawe No. 30
Wonosobo, 56311 Central Java
Telephone (0286) 324111
Fax. (0286) 324112








..
..

2 comments:

  1. wegah, mahal...
    mendingan ke baturaden, cepek dah bagus buat ngadem...

    ReplyDelete
  2. ini juga sekali-kalinyaa... besok di Dieng ato Baturadennya...cuma sepi kalo malem..

    ReplyDelete