Friday, July 23, 2010

Gulali (Harum Manis)


Saat mampir ke sebuah toko oleh-oleh, aku menemukan jajanan jadul, aku sebut begitu karena jajanan ini sudah ada sejak jaman aku masih kecil, namanya gulali, atau harum manis. Tapi yang aku lihat di toko tersebut bentuknya lebih modern, gulali dimasukan ke dalam gelas plastik disertai crepe tipis untuk memegangnya. Kalau yang biasa kita lihat, bentuk gulali bulat besar atau kerucut, biasanya sering kita dapati di pelataran pameran atau pasar malam.

Membuat gulali atau harum manis ini sangatlah mudah jika ada alatnya yaitu mesin khusus pembuat gulali, dan bahannya hanyalah gula pasir dan pewarna makanan saja. Cara bekerja mesinnya adalah dengan memasukkan gula dan pewarna makanan ke dalam lubang di tengah mesin tersebut, lalu pemanas dekat tepian wadah itu mencairkan gulanya, yang kemudian diputar melalui lubang-lubang kecil dan hasilnya dipadatkan oleh udara. Kemudian benang-benang itu dikumpulkan pada sebuah wadah logam yang besar.....
Satu sendok makan gulali akan menghasilkan benang-benang bulat sebesar bola basket, jadi sangat irit sekali membuat jajanan ini.

Gulali akan mengeras dan lengket jika terpapar uap udara, sehingga biasanya sang penjual akan segera memasukan gulali tersebut ke dalam plastik agar tidak kisut dan mengeras. Warna yang biasa kita temukan adalah warna merah jambu dan putih, selain warna itu mungkin gulali akan terlihat seram ya? tapi kalau warna pastel mungkin bagus..asal pewarna yang dipakai khusus menggunakan pewarna makanan.

Makin modern aja ya mesin pembuat makanan? kalau dulu membuat gulali secara tradisional dengan menggunakan kaki untuk memutar wadahnya, yang dihubungkan dengan rantai karet seperti memutar sepeda, serta pemanas spirtus di bawahnya, sekarang sudah memakai listrik ..canggih lah pokoknya..

Penggemar jajanan ini bukan saja kalangan anak-anak, tapi orang dewasa juga suka, yo kui.. misoa demen banget ama jajanan ini.. tapi biasanya dia akan menyuruhku untuk membelinya, soalnya kalau dia yang beli sendiri malu katanya, mungkin karena saingan ama anak kecil... hehehe..

Rasanya maniiisssss banget...!

..

No comments:

Post a Comment