Saturday, July 10, 2010

Ketularan


Bisa dibilang negara kita ini adat dan bahasa ibunya sangat beragam, bahkan di satu pulau saja seperti pulau Jawa bahasanya bisa berbeda. Ya jawa, ya sunda... ya jawa kesunda-sundaan, atau sunda kejawa-jawaan. Belum lagi di pulau yang lain, wah ..jangan ditanya bahasanya kayak apa, ga bakalan ngerti juga, lha wong akeh...

Misoaku adalah orang Jawa, kelahiran Semarang, jadi mau ga mau aku mulai keikutan logat bahasa ibu dia. Contohnya seperti adanya penambahan "i" atau "o" di setiap akhir kalimat. Seperti jika kita bilang, "Iyo-i"...atau "Ora-o" ... awalnya rada bingung menempatkan setiap tambahan i dan o itu, tapi lama kelamaan tanpa perlu dipikir ya ngerti sendiri. Ngerti itu bukan berarti aku sudah ahli menggunakan bahasa jawa loh..! Jauh dari sempurna itu sih..

Kebiasaan seseorang sedikit banyak berpengaruh juga terhadap diri kita, jika kau berkumpul dengan orang yang kebanyakan bicara dalam bahasa jawa, jadinya keikutan komentar dengan bahasa jawa. Seorang teman yang orang Sulawesi, bahkan lebih canggih bahasa jawanya dibandingkan aku yang tinggal di Jawa, karena apa? Karena katanya tetangganya orang jawa semua, jadi setiap keluar rumah selalu mendengar orang-orang bercakap-cakap dalam bahasa jawa, lama-kelamaan dia bisa sendiri.

Pun kebiasaan misoa yang sering bilang, "Nggambleh.." akhirnya semua temen-temen dia jadi keikutan ngomong gitu kalo kita sedang berkumpul. Sadar ataupun tidak, kadang kita terbawa arus yang lebih vokal jika bicara. Taruhlah jika kita berkumpul dengan orang-orang yang lebih gaul, maka akan kita dapat perkataan yang gaul juga, seperti "secara".. "capek deeh".. "bokis".."lebay"..dll dll.. Walaupun jika disimak sebenarnya tidak nyambung dengan kalimat yang dia pakai, tapi begitulah gaya anak gaul.

Sampai saat ini, yang kebawa bersamaku sejak bertemu misoa adalah pengucapan, "Nggambleh, halah, akhiran i dan o ...", kadang ingin juga menghilangkan kebiasaan itu, tapi ya kadang ga sadar udah ngomong sendiri. Lucu memang...

Halah..! haku ki nulis opo toh?.. ra nggenah..

PS : gambar diambil dari tuan gugel..

2 comments:

  1. iyoto..?
    rak meniko wadah piring...
    milo meniko susu coklat..

    ReplyDelete
  2. bukan begetooohhh...hohohoho
    dasar tuan rawons mumots perngacoan..!

    ReplyDelete