Monday, August 30, 2010

Cara Menghapus Blogspot

Karena satu dan lain hal, maka aku harus menghapus salah satu blogku, namun yang terjadi adalah blogku itu ternyata tidak bisa dihapus begitu saja, tidak semudah itu. Karena ada tahap yang harus dia lewati.

Sebagai pengalaman pribadi, aku ikut sumbang informasi aja deh, kira-kira inilah yang harus kita lakukan jika ingin menghapus blog kita di blogspot secara permanen.

1. Pertama simpan dulu semua file yang ada di blog kita, caranya dengan masuk kebagian setting, kemudian di menu basic klik tulisan "export blog". Akan muncul seperti gambar yang di bawah, tinggal download aja. File akan tersimpan dengan ext. XML.

2. Setelah tahap pertama selesai, maka tahap kedua kembali lagi ke menu tadi, setting, basic, tapi klik tulisan "Delete" untuk menghapus blog kita. Tapi ternyata tidak akan terhapus semudah itu, dia akan ngedon di sana selama 90 hari, sehingga ada kemungkinan jika kita berubah pikiran, blog itu bisa dibalikin lagi (restored).


3. Satu-satunya cara untuk langsung menghapusnya secara permanen adalah dengan menghapus account kita di google. Caranya, masuk ke gmail lalu. Klik menu "Account and Import", setelah terbuka maka di menu paling bawah ada tulisan 'change account settings' nah tinggal klik tulisan "Google Account Setting". Halaman semua menu akan terlihat, tapi kita klik aja tulisan "Edit" di samping tulisan My Product. Lalu akan muncul dua jenis account yang bisa kita hapus yaitu Delete a Product dan Delete Account. Untuk menutup permanen, pilih yang "Delete Account", maka semua product kita akan mati.

Tapi jika ingin meremove hanya gmailnya saja, klik yang "Delete a Product", dengan catatan  google tetap menyimpannya di server mereka selama 60 hari setelah kita delete, jadi kita punya waktu untuk memintanya kembali jika menginginkannya itupun jika memungkinkan..tergantung si empunya server.

Begitulah kira-kira.....bingung? ..aku juga..hehehe..
Okelah, kalo ada yang punya pengalaman lain, tolong di share ya?..

Thanks !

2 comments:

  1. wah aku ga pernah ngapus blog. soalnya itu catatan sejarah, jadi apapun isinya biarlah tetap tercatat apa adanya...

    ReplyDelete
  2. aku juga ga pernah ngapus blog koq, cuma mindahin aja.. nih buktinya lengkap :)

    ReplyDelete