Tuesday, August 17, 2010

Dunia anak-anak

Melihat anak-anak bermain bola di lapangan, rasanya seperti kembali ke masa lalu, dulu di Jakarta walaupun kami tinggal di rumah kontrakan dekat tiang suket, masih ada lapangan tanah yang biasa digunakan warga untuk sekedar berolah raga. Tidak luas tapi lumayan jika untuk berlari sampai lelah berkeliling. Lingkungan yang berjejal tidak memupus keinginan warganya untuk mencari hiburan hanya dengan bermain bola, atau hanya menonton saja.


Jaman sekarang hiburan untuk anak-anak sudah berubah banyak, bukan lagi berlari mengejar bola dengan tawa lepas di tengah lapang, tapi asik di sudut warnet atau di game center hanya untuk main game online. Fantasy mereka hanya terfokus dengan hal-hal yang virtual saja, kemana-mana selalu membawa memory USB yang isinya data permainan sudah sampai level berapa mereka saat ini.

Ada sih beberapa yang masih senang mengikuti kegiatan extra kurikuler semacam bela diri atau berkesenian, ini masih mending karena mereka bergerak, tidak pasif hanya melotot di depan monitor. Ntah kenapa dalam pikiranku, yang namanya anak-anak adalah bermain di luar sana, mengembangkan sisi motorik mereka, bersosialisasi, bukan kah dengan begitu anak-anak juga belajar tentang lingkungan mereka? bukannya melarang mereka punya hobi ngegame di komputer, tapi seharusnya ada porsi-porsinya, bukannya seharian duduk saja.

Sebuah teman nulis sesuatu di tweetnya, "pengibaran bendera merah putih di istana negara bagus! Sayangnya anak-anak banyak yang lebih asik dengan fesbuk..:( "
Begitulah, mereka sudah sulit berkonsentrasi dengan kehidupan nyata dan lingkungan mereka, kebanyakan hanya mengurusi dunia yang tidak nyata... sama sekali tidak kreatif.

Aku juga sebenarnya tidak suka kalau lagi ngobrol, yang satu malah asik main hape bukannya nyimak apa yang kita obrolin... simpen dulu atuh hapenya, kan bisa nanti..!

Eniwei, anak-anak memang seharusnya berlari di luar sana.. menyongsong matahari...
..
..

No comments:

Post a Comment