Monday, August 16, 2010

Facebook Ga Aman

Sudah berulang kali terjadi hal-hal seperti ini, sebuah account kebobolan lagi. Jika hackernya hanya iseng dalam taraf biasa sih masih mending, tapi jika hackernya memiliki keisengan taraf menyusahkan itu yang repot. Seorang teman accountnya baru saja dihack orang, dan ternyata hackernya adalah tipe yang menyusahkan tadi, maka yang terjadi adalah semua percakapan pribadi dia dengan seseorang malah dipajang di wallnya sehingga semua orang tahu apa yang mereka bicarakan. Belum lagi mengerjai teman-temannya yang lain yang berada di deret contact list account tersebut...sungguh merepotkan..!


Untuk itu aku harap kalian lebih waspada untuk mempublish data kalian, setidaknya ini sedikit saran dariku walaupun aku bukanlah seorang yang ahli di bidang ini, apalagi programer bukan...!

1. bedakan password di fesbuk dengan password email, karena jika sudah dihack maka semua email dengan password yang sama akan ikut terbawa, termasuk dia bisa membuka milis atau user kalian di situs-situs lain.

2. jangan pernah nge-add orang yang tidak kalian kenal jelas.

3. jangan pernah membagi informasi pribadi di inbox atau pun ruang chat di fesbuk, lebih aman jika menggunakan jalur email daripada bertukar informasi via inbox.

4. disarankan juga untuk tidak ngobrol hal pribadi di inbox atau ruang chat di sana.

5. sering-sering mengganti password, catat di buku pribadi kalian agar tidak lupa ya!.

6. jika sekali pernah kena hack, gunakan email dan password yang baru untuk membuka account fesbuk yang baru, jangan menggunakan email dan password yang sama.

7. kalau bisa, seting semua informasi pribadi menjadi 'only me' ..termasuk email tadi, lebih bagus lagi jika dikosongkan saja.

8. segera remove seseorang yang menurut kalian berkelakuan aneh dari biasanya, karena itu pasti bukan seseorang yang kalian kenal.

Kira-kira itu yang bisa aku sarankan, semoga saja tidak ada hacker yang berniat iseng jika kita tidak terlalu mengumbar apapun di profile kita.

PS :
Untuk diketahui, semakin kemari jejaring satu ini semakin tidak aman bagi penggunanya, privacynya sangat minim. Sebelumnya kita bisa menyeting agar orang tidak bisa nge-add kita atau mengirim pesan kepada kita, tapi tidak sekarang... semuanya serba open. Bahkan jika kita dalam posisi pending, maka wall kita sudah bisa dibaca oleh orang tersebut, padahal belum kita approve sama sekali. Saranku adalah, jika kalian tidak sreg dengan invite seseorang, segeralah klik 'ignore' ajakan pertemanannya, jangan biarkan pending mendekam terlalu lama, karena jika tidak dia bisa melihat wall kita dengan leluasa.

Thanks for reading, ya! :-)
Oya, I'm deactivated my facebook account for the time being....just reach me here, okay? Lama-lama menyebalkan koq fesbuk ituh...huuuhhh...no play blas...payah..!

*foto diambil dari tuan gugel.
..
..

No comments:

Post a Comment