Sunday, August 22, 2010

Keluh Kesah

"Tulisanmu isinya ngeluh terus.."

Seorang teman bilang begitu padaku, dan memang begitulah yang sering aku tulis, isinya kalo ngga lagi sebel, kesel, bete, berkeluh kesah, pokoknya semua hal yang bikin hati tidak enak.

Entah bawaan seorang perempuan atau memang bawaan orok hingga aku sering menulis itu, atau terlalu moody? Ah semua perempuan juga moody-an koq. 
Padahal aku tahu bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna, jadi sudah seharus aku maklum dengan semua hal yang terjadi, harus mencari 1001 alasan untuk memaklumi apa yang orang lain lakukan (kata Aa Gym), selain itu apa aku sudah benar dengan apa yang aku lakukan? Aku yakin belum sama sekali..!

Sekolah yang berstatus disamakan yang bernama "Ikhlas" ini memang sulit, kecuali bagi mereka yang selalu bersyukur dengan apapun. Sudah berapa kali aku tinggal kelas untuk sekolah ini, selalu saja kalah dengan yang namanya nafsu. Raport merah tiap semesternya deh..payah..

Lalu harus bagaimana ya biar ga selalu berkeluh kesah?

Harus selalu bersyukur mulai dari hal-hal yang kecil, contohnya apa? Contohnya masih bisa tidur enak, masih bisa menghirup udara pagi yang sejuk, masih bisa melihat alam bernyanyi, masih bisa bersin, masih bisa mendengar kokok ayam di pagi hari (tapi kalo di Jakarta mah jarang ya? paling kucing berantem yang kedengeran..tetap bersyukuuurr...), masih bisa merasakan sakit, bahkan masih bisa ke belakang pun harus disyukuri, coba kalo ga bisa?..beeuhhh... tau sendiri kan rasanya kayak apa?

Apapun itu, apapun masalahnya, semua hal bisa dirembuk dengan baik tanpa harus emosi dan penuh nafsu. Apalagi yang aku keluhkan hanyalah hal-hal kecil...not worth it at all..!

Setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, berusaha menerima apa adanya adalah hal terbaik yang harus kita lakukan, plus memupuk rasa sabar, ikhlas serta selalu bersyukur.

Thanks Cloudy :-)

*foto diambil dari tuan gugel.
 ..

3 comments:

  1. biar ga nulisnya ngeluh terus, gantian dong ngeluhnya nulis terus...

    ReplyDelete