Wednesday, August 11, 2010

Koran Dinding

Bukan hal yang sulit lagi bagi seseorang untuk mendapatkan berita darimanapun saat ini, jika kita malas beli koran yang harus jalan kaki ke pangkalan depan yang jauh, maka sekarang ada anak-anak kecil yang berkeliling menjajakan koran sampai depan rumah kita, jika malas beli koran karena menuh-menuhin rumah saja (yang biasanya berakhir sebagai tatakan gorengan kerupuk, atau tadahan tumpahan oli) maka kita bisa melihat tivi ataupun internet. Sedangkan jika di jalan pengen lihat berita kita bisa membuka hape, dan langsung terkoneksi dengan berita-berita online darimana pun.



Tapi bagi yang sama sekali tidak bisa melakukan semua hal yang di atas, biasanya mereka membacanya dari koran dinding yang terpampang di pinggir jalan ataupun di trotoar halaman depan gedung surat kabar, selebihnya bisa dimana pun, bisa di alun-alun, atau halte bus dan stasiun. Tapi biasanya berbeda jika di ruang tunggu rumah sakit, yang ada mereka menggunakan kayu untuk mengepit korannya lalu digantung di tempat semacam jemuran handuk, yang repot adalah kita tidak bisa membacanya beramai-ramai, harus satu persatu menunggu giliran, tapi belum apa-apa biasanya sudah pada robek karena keseringan dipegang.

Koran dinding memang sangat berguna buat masyarakat, bukan hanya masalah nasional maupun masalah internasional tertulis di sana, jika ada masyarakat yang ingin menyumbang sesuatu maupun membagi berita tentang daerah mereka, maka mereka bisa ikut andil menyumbang di koran dinding tersebut.


Seperti yang aku lihat di koran dinding alun-alun Wonosobo, selain dari koran biasa, isinya bahkan ada yang berupa tulisan tangan berwarna warni, penyumbang tulisannya pun beragam, dari masyarakat biasa sampai anak sekolah, pun disertai foto yang ikut mejeng di sana. Jadi intinya adalah dari masyarakat untuk masyarakat, setidaknya masyarakat tidak buta akan informasi.

Kayaknya aku pernah lihat koran dinding ini di kelurahanku deh, lupa. Apa di daerahmu sudah ada juga?
..
..

1 comment:

  1. ide bagus... akan saya realisasikan di kampus unsri!!!!

    Safriadi

    ReplyDelete