Sunday, August 15, 2010

Mie Ongklok

Seorang teman menyarankan aku untuk mencicipi makanan yang namanya Mie Ongklok saat aku sedang berada di Wonosobo. Kubilang, 'iya nanti kalau ngelewatin'...karena jadwalnya padat dan agak ga tau arah juga, jadi belum tentu bisa mencari-cari alamat resto yang berjualan mie Ongklok.

Pulang dari main di Dieng, kami dalam keadaan yang lapar sangat, karena belum sempat makan siang padahal sesampai di Wonosobo sudah jam 4 sore, dan ketika melewati sebuah jalan (yang kemudian aku ketahui namanya jalannya adalah Jl. Dieng), terdapat resto dengan tulisan besar "Ongklok". Seketika ingat temanku tadi, yang katanya kalau ke Wonosobo tidak lengkap kalau belum mencicipi mie ongklok tersebut.


Karena ga ada pilihan lain (malas sebenernya harus muter-muter cari warung makan lagi), akhirnya kami berhenti di resto tersebut. Gedungnya berlantai dua, tapi yang di lantai dasar berisi galeri sebuah operator telpon, dan restonya berada di lantai atas.

Kami duduk dan memesan makanan special di sana, mereka menunjuk Mie Ongklok sebagai makanan special mereka, dan kami pun lalu memesan 2 mangkok, penasaran soalnya. Tunggu punya tunggu akhirnya datang juga pesanan kami. Ketika kuperhatikan seperti mie biasa yang disiram bumbu saja, lalu ketika aku mencicipinya, mie ini ternyata mirip rasanya dengan toge goreng, hanya sayur yang digunakan bukan toge, tapi menggunakan kol. Oya, ada campuran udang juga sedikit.

Untuk yang tidak terbiasa dengan makanan ini mungkin tidak suka, karena bentuknya juga aneh dan mungkin akan membuat eneq (mungkin karena bumbunya yang kental dan keruh), tapi jika kalian pernah merasakan toge goreng, aku yakin kalian suka dengan masakan ini. Mie Ongklok ini biasa disajikan dengan sate sapi dan tempe kemul.

Harga satu porsi Mie Ongklok Special adalah sekitar Rp. 7.500,-
Lokasi :
Resto Ongklok
Jl. Dieng No. 60
Bugangan - Wonosobo


PS : foto diambil dari tuan gugel
..
..

2 comments:

  1. dulu pernah mampir makan di alun-alun Wonosobo sehabis perjalanan hunting ke Dieng dan sekitarnya

    ReplyDelete
  2. wonosobo itu kota yang damai ya? :-)
    aku suka suasananya..

    ReplyDelete