Saturday, September 25, 2010

Galang Dana

"Maaf, Kak..mau ganggu sebentar, kami akan mengadakan bazaar di sekolah, dan untuk menggalang dananya kami menjual voucher makan ini, Kakak mau beli ga?" tiba-tiba empat anak SMA datang menghampiriku dan berlomba-lomba untuk menjelaskan bahwa mereka berjualan voucher makan.

"Berapa harganya?" tanyaku.

"Ga mahal koq, Kak...cuma Rp. 30.000,- aja..!" sahut satu-satunya anak laki-laki di depanku setengah merayu.

"Lha itu mah mahal, dong..!" kataku lagi sambil tertawa.

"Yaa..Kak, tolonglah kami.. beli satu juga ga papa, atau dua buat kakak yang satunya lagi..ya, Kak?" mereka masih saja gigih menawarkan voucher makan mereka, "bisa diantar koq, Kak kalau mau.." lanjut mereka.

"Berapa jumlah voucher yang harus kalian jual?" tanyaku membuka bercakapan.

"Seratus lembar, Kak..dan belum satu pun yang laku.." mereka terlihat memelas, tapi sambil cengar cengir.

"Ya udah, aku beli tapi satu aja ya?" kulihat mereka tertawa senang.

"Gimana kalau dua, Kak?" mereka masih saja merayu sambil cengar cengir.

"Satu aja deh.." ku serahkan uang sebesar 30 ribu, lalu menerima voucher berwarna kuning. Mereka lalu mengucapkan terima kasih, tapi sebelum mereka pergi aku buru-buru berdiri, "Eh, tunggu dulu, mau kemana? Aku foto dulu mau ga? Buat kenang-kenangan nih.." kuayunkan kameraku seperti fotografer terkenal saja.

Mereka pun lalu beraksi dengan centil, termasuk anak laki-laki gempal dengan senyum lucu itu, ternyata pada narsis juga ya? Hanya ada satu anak perempuan yang kelihatan malu-malu, tidak mau di foto. Setelah itu mereka pun pergi, dari kejauhan kulihat mereka masih menawarkan voucher pada pengunjung lain di pinggiran pantai.

Masih pagi kala itu, dan aku berada di pinggir pantai sedang menikmati sunrise yang sudah mulai tinggi, mereka datang menggunakan seragam sekolah, padahal menurutku mah masih masa libur sekolah, mungkin biar dilihat bahwa mereka memang benar-benar sedang menggalang dana buat kegiatan bazaar di sekolah mereka.

Masa sekolah, masa yang sangat menyenangkan ya?.. :-) semoga saja semua voucher itu bisa laku mereka jual, jadi mereka tidak sia-sia menggunakan masa liburan sekolah untuk keluyuran cari uang.

*) kisah saat mudik
..

2 comments:

  1. hahaahahahahha,

    saya juga pernah diomelin atau juga dicuekin pas mau minta dana utk acara di Sekolah . . . .

    Tapi bagus buat pengalaman kita . . . . .

    ReplyDelete
  2. :) salut buat yang udah berani maju..

    thx udah mampir ya?

    ReplyDelete