Tuesday, September 21, 2010

Chat Via Hape Linux

Semarang itu lumayan besar koq kotanya, tapi kenapa signal hape di rumah mertua malah sendrap sendrup?.. aku yang kadang bingung mau ngapain, biasanya sering main hape untuk sekedar brosing ataupun menulis untuk ku aplod di blog, jadinya suka sebel. Mau buka detik.com aja susahnya setengah mati, apalagi buka pesbuk yang penggemarnya kayak ikan teri yang baru diserok, susah pisan. Aku harus keluar teras, atau ke jalanan jika ingin main internet, bahkan sms pun suka susah. Saking lamanya nunggu inet kebuka, aku malah sering ketiduran karena pegel nungguin ga muncul-muncul webnya. Langganan juga percuma kalo begini mah ya?...ampun..

Akhirnya kutempuh cara lain, pake hape dengan gsm lain (indosat) yang basenya linux ini buat brosing dan juga aplod di blogku. Aku tidak berlangganan internet untuk gsm ini, jadi mungkin akan ke sedot perkilo bytesnya...hhhh..semoga ga mahal ntar tagihannya. Tapi biasanya aku khususkan untuk aplod tulisan saja.

Suatu ketika, aku membuka pesbuk dengan menggunakan hape ini, dan semuanya terlihat sama dengan aslinya, bisa auto refresh, bisa liat siapa saja yang online, notifikasinya juga nyala, benar-benar seperti menggunakan PC biasa. Saat kulihat ke pojok kanan bawah, ada tulisan 'chat' seperti di PC, dan kupikir pasti tidak akan bisa digunakan, lha wong pake hape chat di web kan agak sulit, kecuali kalo di Yahoo Messenger baru bisa, itu pun dengan penambahan sofwer YM juga. Tapi tiba-tiba...*Ting..!* sebuah box terbuka, temanku menyapa melalui chat box di pesbuk ini. Lhaaaa...ternyata bisa chat juga di sini, benar-benar mirip PC..! Aku pun akhirnya ngobrol di sana dengan temanku itu.

Waktu pertama beli hape ini sebenernya udah pusing karena menggunakan base linux, aku kan terbiasa dengan base yang standar, paling tinggi ya symbian, jadi agak ragu-ragu menggunakan hape ini, udah mo komplen aja tadinya. Tapi lama kelamaan akhirnya terbiasa, walopun ngetiknya masih suka kesrimpet terus. Untuk mengatasi biar jariku ga keriting, biasanya aku ngetik di netbuk dulu, setelah itu memindahkan file tulisanku ke hape ini dengan kabel data. Agak belibet juga ya?..ah, daripada jariku harus dibonding terus, kan mendingan begini..

Untuk brosing, hape ini menggunakan Mozilla Firefox, dan karena tau bakalan menyedot banyak bytes-nya, akhirnya aku juga mendownload Opera Mini, jadi untuk hal-hal yang sederhana aku pake Opera Mini itu. Entah ada tidak ya versi Bolt untuk hape ini? ..tapi aku pernah download Bolt, hasilnya suka crash terus...pwegeel...

Yaaah...lumayan buat nulis en aplod foto, asal ga gede-gede aja filenya...

*) kisah saat mudik..

..

2 comments: