Friday, September 3, 2010

Mudik Yuk..!

Hari yang paling ditunggu seluruh warga muslim di Indonesia saat lebaran ya mungkin ini, mudik. Karena hari ini mereka akan mendapatkan libur yang lumayan panjang, bisa ijin dengan majikan tanpa mendapat halangan, bisa mendapat THR, banyak sponsor untuk mudik gratis dari perusahaan, terlebih lagi bisa bertemu sanak keluarga yang mungkin cuma setahun sekali bisa kita kunjungi.

Aku kurang mengerti sebenarnya adat ini ada dari jaman kapan, tapi sepertinya sudah lama, mungkin saja sudah ada sejak Islam dibawa masuk ke bumi Indonesia ini. Dan bisa dibilang, hanya di Indonesia inilah saat hari raya semua orang berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya masing-masing, bahkan jika mereka bekerja di luar negeri, pasti berusaha pulang jika memang memungkinkan.

Mengantri tiket berjam-jam bahkan ada yang tidur di stasiun, mengejar bus dengan bawaan segambreng buat oleh-oleh keluarga, naik motor berjejalan dengan 5 orang nangkring di atasnya, banyak mobil tiba-tiba pake ransel alias bawa gembolan yang ditaruh di atapnya, jalanan macet, kereta berjejalan, pesawat penuh tiap jamnya. Itulah yang akan kita lihat saat lebaran tiba setiap tahunnya.

Memang melelahkan mudik dalam keadaan berbondong-bondong seperti ini, tapi yang terbaik adalah dinikmati saja, karena kalau tidak hati juga akan ikutan panas, sepanas Jakarta yang akhir-akhir ini sudah jarang terlihat hujan. Apalagi jika kita dalam keadaan puasa, semoga emosi kita tidak mudah tersulut saat ada orang yang menyalip sembarangan, atau terijak sepatunya, atau macet berjam-jam dst...dst.. nikmati saja, seperti inilah mudik..

Kalau aku pribadi malah suka kasian sama polisi, sementara orang sibuk ngurusin pulang kampung, mereka terpisah sendiri sibuk jagain stasiun, atau jagain toko emas, bank (apalagi dengan maraknya perampokan saat ini), ngatur jalanan dan semua hal di luar urusan mudik. Semoga berkah ya pak Pol kerjaannya..makasih banyak..! :-)

Selamat bertemu dengan sanak keluarga, teman, sahabat dan handai taulan, karena inti dari mudik sebenarnya adalah menjalin silaturahim kembali. Jangan lupa sungkem sama orangtua ya? mohon maaf dari yang muda ke yang tua, juga yang tua kepada yang muda.. karena tidak ada seorang pun di muka bumi ini yang luput dari kesalahan..begitu juga aku..

Mohon maaf lahir bathin buat semua teman-teman, baik yang sering mampir maupun yang tidak, yang jauh maupun yang dekat, yang di langit maupun di bumi.. jangan cemberut terus..senyum yah?....salam hormat buat keluarga kalian juga.. :-)

TTDJ ya kalian semua, aku tak mudik duluan..
Nanti tak bawain oleh-oleh deh.. tapi berupa tulisan...
Bismillahirrohmanirrohim...

Wassalamu'alaikum

...

No comments:

Post a Comment