Wednesday, September 29, 2010

PLTU, Paiton

Melewati daerah Probolinggo, Jawa Timur pada malam hari, kami tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menikmati cantiknya lampu-lampu gemerlap yang berasal dari kawasan puncak pembangkit listrik, PLTU Paiton. Dari kejauhan sudah terlihat lampu-lampu bersinar terang seakan kau melihat pesawat UFO. Semua sudut memacarkan sinar, bahkan cerobongnya pun seperti menyala. Semakin dekat semakin jelas lampu-lampunya, semarak tapi tidak terlihat seorang pun di sana.

Bukan berarti jika tidak ada orang Paiton mudah dimasuki, ternyata kami ketahui belakangan ada beberapa kamera CCTV terpasang di setiap sudutnya. Baru sadar setelah ada tulisan "Saat ini Anda sedang diawasi kamera CCTV" tergantung di pagar besi yang mengitari area PLTU tersebut.

PLTU ini sangat megah dan sangat besar, tapi baru-baru ini ada kabar bahwa PLTU Paiton dijaga ketat karena banyaknya kasus teroris itu. Paiton memang aset nasional yang memasok listrik di Jawa dan Bali.


Bagi pengendara yang melewati daerah Pantura pada malam hari, jangan sia-siakan kesempatan untuk melihat gemerlapnya lampu-lampu di PLTU ini, dan siang harinya akan terlihat laut bersisian dengan pembangkit ini. Tapi hati-hati jika ingin menyeberang jalan, asli kendaraannya ngebut semua di sini.

More pictures here..

....

No comments:

Post a Comment