Thursday, September 2, 2010

Sirih Mengkeret

Pohon yang lumayan banyak kegunaannya terutama bagi kaum hawa ini aku tanam di depan rumahku. Pada awalnya aku ambil dari rumah ibuku dan ku tanam di tanah halaman rumah, keesokan harinya bibit sirih itu batangnya sudah prutul semua, daunnya growak dimakan tikus. Selanjutnya ketika main ke Semarang, aku juga mengambil bibitnya berupa beberapa batang daun sirih, dan di bawa ke Jakarta, di tanam...lalu keesokan harinya..sami mawon, ancurlah itu tanaman dimakan tikus juga. Aduhhh.. ini tikus ninik-ninik kali ya? nyirih koq doyan.. kan pahit?..


Putus asa akhirnya aku tidak lagi berusaha menanam sirih. Tapi lama kemudian, ketika ada masalah kewanitaan, aku bingung mo cari sirih ke mana, harus ke pasar dulu baru nemu. Merepotkan saja ya? Mau gak mau kayaknya harus nanam sirih deh.. Tapi gimana caranya biar gak dimakan tikus ya? Hmmm.. dan akhirnya pohon sirih itu aku tanam berbarengan dengan pohon salam kecil yang ada di pot besar. Waktu itu tanaman sirih kudapat dari mertuaku lagi, tapi ada dua jenis. Sirih biasa dan sirih merah (katanya buat obat bagus).

Dan benar, kedua tanaman sirihku tidak dimakan tikus, tapi yang ada mereka tidak bisa tumbuh sempurna. Aku juga tidak tau kenapa, bukan kah sirih daunnya lebar-lebar? Kenapa tanamanku tidak ya? Lebarnya tidak ada setengah telapak tanganku. Apa mungkin karena di tanam di dalam pot? Padahal kan aku kasih pupuk juga?..

Dan karena daunnya yang kecil itu, ketika kupetik ya habislah sekali panen, lha wong hasilnya secuil... buntutnya?... ya nyari lagi deh di pasar....aiiihhh...ampun! Kumaha atuh biar bisa lebar-lebar? Mau aku taruh di tanah lahannya tidak ada, semua halaman sudah di kon blok jadi tidak bisa ditanami kecuali memakai pot. Bisa sih aku tanam di trotoar jalanan, tapi tidak bisa aku kontrol keadaannya nanti (bilang aja males..)...

Mana bentar lagi mo mudik.. kalo Jakarta tidak hujan, bakalan ancur deh tuh sirihku gak ada yang nyiramin.. hhhh.. biar itu sirih mengkeret juga lumayan buat ada-adaan lah, daripada gak ada sama sekali...semoga saja hujan akan datang saat kemudikkan ku nanti...

PS :
Soal kegunaan sirih, bisa dibrosing dimana pun, jadi gak perlu dibahas ya?
....
....

2 comments:

  1. salam kenal kawan....

    http://kaloayhezngakuchubby.blogspot.com/2010/09/dampak-stresss-kesal-dan-lelah-ya-sudah.html

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga..linknya ga ketemu :)

    ReplyDelete