Friday, September 24, 2010

Tempe Kacang Tanah

Waktu mau pulang dari Malang, temanku membawakan gorengan ini untuk cemilan di perjalananku. Ibunya yang menggorengnya lalu disuruh bawa untukku. Cemilan ini adalah tempe, tapi bukan seperti kebanyakan tempe yang terbuat dari kacang kedelai, tempe ini terbuat dari kacang tanah. Aku agak-agak lupa, tapi sepertinya tempe ini buatan salah satu saudaranya yang pengusaha tempe khusus yang berbahan dasar kacang tanah.



Saat datang tempe ini masih panas, aku baru saja sarapan padahal, tapi lihat tempe yang hangat ini rasanya jadi kemecer, dan mendaratlah tempe hangat itu di mulutku. Hmm... nikmat..! Rasanya tidak berbeda jauh dengan tempe kedelai biasa, bahkan aku bilang mah lebih lembut. Rasanya gurih, mungkin karena tepungnya ditambahi bumbu, dimakan bersama dengan cabe rawit yang boleh metik dari depan rumahnya. Pokoknya mantab..!

Aku mencoba mencari referensi bagaimana cara membuat tempe berbahan dasar kacang tanah ini, tapi belum ketemu. Nantilah aku tanyakan pada ibu temanku itu...

Ada yang pernah merasakan nikmatnya tempe ini? :-)

*) kisah saat mudik
...

3 comments:

  1. cara bikinnya pake bumbu kuning sob . . pertama lumurin dulu tempe yg udah dipotong sama bumbunya, trus kalo smua udah rata, sisa air bumbu yg tadi tambahin tepung terigu . . nah trus lumurin lagi ke tempenya sbelum digoreng. tjuan pake tepung disini biar tempenya nggak pecah . .

    ReplyDelete
  2. aku dulu pas masih kecil sering makan itu sob
    Rasanya beda dengan tempe kedelai,, enak pol

    ReplyDelete