Tuesday, October 26, 2010

Berasap

Menghangatkan sedikit makanan dalam panci kecil, lalu kutinggal sebentar tiduran di depan tipi, tidak terasa 15 menit berlalu dan aku terbangun gelagapan karena asap tebal mengepul di langit-langit seluruh ruangan. Segera aku sadar bahwa aku sudah meninggalkan sayur berkuah  di atas kompor begitu lama, aku berlari ke dapur dan menemukan panci kecil itu sudah gosong, dan semua isinya sudah menghitam.

Segera kubuka seluruh pintu dan menyalakan kipas baling-baling yang besar di ruang tamu agar asap yang memenuhi ruangan segera bisa keluar rumah. Misoa yang sedang main komputer pun agak panik melihat begitu tebalnya asap karena sampai ke ruangan kerja dimana dia duduk.

"Dari kompor, aku lupa mematikannya...ketiduran, maaf ya?" aku langsung bilang begitu padanya.
"Kirain ada apa...makan malamnya terbuang dong ya?" tanyanya sudah tidak kelihatan panik.
"He em.. tapi masih ada koq sebungkus lagi di kulkas.." lalu kupanaskan lagi sayur berkuah yang baru dibelinya sore tadi sepulang kerja dan kutunggu tepat di depan kompor takut gosong lagi.

Aku benar-benar payah, saking lelahnya sampai lupa kalo lagi manasin makanan. Tapi alhamdulillah tidak terjadi  apa-apa, coba kalo aku benar-benar ngeleyep beberapa jam gimana coba? Jangan sampai ah..

Saat itu hape berkedip-kedip, dan kulihat tulisan teman-teman mengatakan bahwa Merapi akhirnya meletus, baru kutahu itu tidak lama setelah aku ketiduran tadi. Ada korban jiwa sepertinya.. sangat miris melihat semua itu terjadi. Aku yang melihat asap seperti ini saja paniknya luar biasa, tapi kenapa beberapa warga di lereng Merapi tidak mau mengungsi ya? apa masih menunggu keajaiban bahwa gunung itu tidak akan meletus?..apa pasrah atau takut harta bendanya hilang?...padahal berbahaya sekali ...

Semoga tidak terjadi korban yang lebih parah dari ini, semoga gunung ini masih baik dan tidak menyeburkan letusannya terlalu kencang, sehingga warga di sana bisa diungsikan dulu seluruhnya... amin..

Hanya Allah yang mengerti hidup dan kehidupan manusia di bumi ini...semoga Allah selalu melindungi kita dimana pun kita berada...amin..

*) badan, baju, selimut, semuanya bau asap saat ini...

....

No comments:

Post a Comment