Thursday, November 25, 2010

Gggggrrrhh...!

Melatih diri untuk tidak terpancing atau ikut tersulut saat seseorang marah kepada kita itu sulit. Seperti reflek saja rasanya jika tiba-tiba seseorang marah, emosi kita sontak membuat tameng sendiri menangkisnya. Yang keluar biasanya ikutan membentak, atau memperlihatkan wajah mirip macan ngeden.

Inilah yang sedang aku usahakan untuk mengatasinya, jika seseorang marah, rasanya aku ingin ikutan marah, apalagi jika menurutku aku tidak salah (secara sepihak). Inginnya jawab aja saat seseorang menuduhku macam-macam atau membentakku. Tapi jika sudah menjawab kasar, buntutnya aku malah sering nyesel sendiri, koq aku bisa begitu ya? atau mikir apa yang orang itu rasakan setelah aku bicara kasar, takut dia terluka, takut dia bersedih, atau sakit hati.

Pada dasarnya aku sangat tidak suka jika ada seseorang  bicara dengan nada tinggi padaku, membentak ataupun bicara ketus. Rasanya langsung bikin jantungku berdetak lebih cepat karena rasa tidak terima diperlakukan seperti itu, rasanya nyut-nyutan. Bisa dibilang aku ini mudah sekali tersinggung, tapi seiring berjalannya waktu dan hidup diberbagai kondisi, pelan-pelan aku berusaha mengatasi itu. Karena di dunia ini, ada berbagai macam tipe orang, jadi jangan harap akan hidup tenang jika sebentar-sebentar kita mudah tersinggung.

Belajar dari pengalaman hidup, jika seseorang membentakku aku akan diam dulu, mikir dulu ke hal lain. Mungkin orang itu sedang kesal atau apa sehingga mengeluarkan kata-kata yang tidak enak di dengar. Jika hatiku sudah mau menurut dengan pikiranku, baru aku akan menyahut pelan, berusaha tanpa emosi, berusaha sedatar mungkin, berusaha tidak memperlihatkan rasa tidak sukaku. Susah banget ternyata...hhhh.. tapi jika intonasiku ikutan kasar, malah yang ada bakalan perang, ya ga beres-beres jadinya.

Tapi ya semua itu masih dalam proses, dan sama sekali belum sempurna. Masih suka terbawa emosi juga kadang-kadang....masih belajar...

Satu hal yang harus aku tanamkan dalam diriku bahwa,
bicara lemah lembut itu mudah koq, jadi tidak perlulah kita sampai tarik urat saraf...

........

2 comments:

  1. aku kalo marah malah diketawain...

    ReplyDelete
  2. hehehe... wajahmu aneh kali kang :D ato orang lain yang udah kebal dimarahin?

    ReplyDelete