Wednesday, November 17, 2010

Happy Ied Adha..!

Kalo di Mekah sana, hari raya yang paling ramai adalah hari raya Idul Adha, tapi kalo di sini biasa saja, malah lebih ramai hari raya Idul Fitri. Mungkin karena didahului dengan puasa sebulan itu.

Lebaran hari ini juga aku tidak kemana-mana, pun tidak membuat apa-apa. No ketupat, no opor, no sambel goreng ati. Sama seperti hari biasa, tidak ada kegiatan apapun. Memang begitu sih dari dulu juga, paling kalo qurban di mesjid dekat rumah, baru siangnya bakalan nyate dengan teman-teman yang datang. Tapi sudah beberapa tahun ini tidak pernah qurban di sini, qurbannya lari kemana pun, lebih seringnya sih ke Semarang.


Seorang teman juga kemarin berniat mau datang untuk nyate di rumah, tapi kubilang saja mbeknya mudik, jadi ga ada acara nyate-nyatean. Ramai banget rumah kalo pas ada acara nyate, malah lebih ramai dibanding saat lebaran Idul Fitri. Semua teman ngariung, semua teman bau prengus, semua teman kekenyangan sate mbek.

Ah, tapi ada temen yang sangat sebel jika hari Idul Adha datang, bukan lebarannya yang dia sebel, tapi karena bau prengusnya itu. Temanku ini tidak  suka daging-dagingan, dia hanya makan ayam dan ikan. Jadi ketika lebaran Idul Adha datang, dia akan pergi sejauh mungkin ke tempat dimana tidak ada mbek ataupun sapi. Dia bisa muntah katanya... "Lha trus qurbannya gimana?" tanyaku....."qurban ya qurban, tapi aku ogah ngeliat..!" begitu katanya sambil nutup idung. Gitu deh, jadi dia ga pernah datang kalo ada acara bakar-bakaran pas lebaran seperti sekarang, bisa pingsan dia nyium bau mbek di seluruh rumah, padahal dia laki-laki, untung bininya ga terlalu begitu, walopun ga pernah juga makan daging mbek, cuma sapi aja.

Well.. apapun itulah..hari ini Idul Adha telah tiba, semoga qurban yang kita jalankan diterima Allah SWT...amin..

Happy Ied Adha for Moslems around the world! May Allah bless us and earth...ameen..:-)

......

No comments:

Post a Comment