Saturday, November 20, 2010

Si Emak

Empat hari yang lalu, tiba-tiba si Emak datang lagi, kucing yang sudah tua itu mengeong dengan kerasnya di pintu belakang dekat tempat jemuran. Aku heran dia masih hidup, kupikir mah udah mati karena tua, ternyata dia masih sehat walafiat. Saat itu perutnya agak gendut, jadi kupikir dia sedang hamil lagi untuk kesekian kalinya.

Ada ikan sisa dua hari lalu dan kuberikan kepadanya, asli ikannya gede, si Emak sangat beruntung ..!

Besoknya dia datang lagi, mulai berani masuk ke rumah walopun jika kuusir dia akan nurut dan berlari keluar. Kuberi makanan seadanya saja, aku kasih apapun dia mau, ya kerupuk, kue, cemilan apapun, roti... sayang dia ga suka sayuran dan buah. Lumayan juga ada kucing yang mau menghabiskan sisa makanan di sini.

Dan hari ini dia datang lagi, mengeong di depan pintu depan saat aku sedang sarapan roti, kuhampiri dia dan memberinya makan.
"Kapan kau lahiran, Mak?.." tanyaku padanya, kucing itu diam saja. Iyalaahhh... nek ngomong opo aku ra mencelat kaget??! ... hehehehe..semprul..

Tapi tiba-tiba di bawah pohon mangga kulihat dua anak kucing sedang bermain, satu berwarna krem, dan satu lagi hitam dengan garis petir di dahinya, lucu. Ternyata dua anak kucing itu adalah anaknya si Emak, kirain belum lahiran, ternyata udah gede malah anaknya. Saat induknya aku kasih makan, dua anak kucing itu berlari mendekat, kudiamkan saja saat mereka  mengitari aku yang sedang berdiri. Tadinya aku mau jongkok, tapi takut anak kucing itu malah lari ketakutan, jadi aku berdiri mematung sambil menjatuhkan roti sedikit demi sedikit.

Agak siangan dikit, anak kucing itu malah sudah masuk ruang tamu, ketika aku pegang mereka tidak lari. Lhaa...ternyata sudah jinak anak kucing itu, sepertinya sering dipegang orang juga ternyata. Aku keluarkan mereka, tapi lagi-lagi masuk rumah karena pintu depan selalu terbuka, ya sudah...akhirnya pintu di tutup deh... dan dua anak kucing itu sibuk bermain di luar.

Anehnya, kalo malam seperti sekarang, si Emak dan dua anaknya itu raib ntah kemana, mereka baru akan sibuk mencari makan di rumahku jika pagi menjelang. Besok pagi pasti dia nongol lagi dengan suaranya yang berisik.... kutunggu ya, Mak..?


*) sahabatku juga hari ini tidak ada kabarnya, tiba-tiba raib ntah kemana, kutinggal sebentar dia malah bilang ' C U tommorow..' .. dasar orang aneh...

.....

1 comment: