Saturday, January 1, 2011

Ganti Kalender 2011

Jam menunjukan pukul 10 pagi saat kami keluar mencari makan di sekitaran rumah. Tapi ternyata tidak ada yang buka, lalu kendaraan roda dua itu akhirnya diarahkan ke sebuah mall kecil dekat rumah, dan aku cuma membeli tempe dan sarden. Hari ini adalah hari pertama di bulan pertama di tahun 2011. Jalanan terlihat lengang, ada beberapa kendaraan yang sliwar-sliwer. Udara lumayan sejuk pagi ini walopun agak panas, kalo saja Jakarta selalu seperti ini pasti menyenangkan.

Tidak ada yang berubah, langit tetap sama, hari pun tetap saja sabtu seperti seminggu sebelumnya, hanya masih terdengar sisa-sisa terompet tahun baru, juga beberapa bunyi petasan yang terdengar sayup-sayup di kejauhan. Berbeda sekali dengan semalam, bunyinya sampai terdengar keras sekali. Padahal lokasi perumahanku bukanlah tempat berkumpul seperti di Monas, tapi tetap saja suara mercon itu membahana mengiringi tidurku. Aku juga menerima beberapa sms dan bbm penuh dengan ucapan selamat, rajin sekali teman-temanku itu ..

Sudah lama aku tidak merasakan yang namanya keluar saat malam pergantian tahun, mungkin terakhir waktu SMA kali ya? eh salah... terakhir waktu masih pertama kenal suamiku, itu pun cuma naik motor ke Monas, motor RX King yang suaranya menderu-deru boleh pinjam dari kantornya dia, saat itu dia tidak punya SIM (sampai sekarang juga ding..). Ga ada setengah jam kami sudah pulang lagi, dari awal juga cuma iseng aja, kami berdua tidak menyukai suasana yang bising dan ramai. Pun boro-boro beli kembang api ataupun terompet, lha sayang uangnya, mending buat makan sate dekat rumahku.

Kadang aku juga heran, masih saja ada orang senang dengan hura-hura yang tanpa makna itu. Apa untungnya, apa gunanya ?... hanya penuh dengan kebisingan dan pembakaran uang secara besar-besaran. Cuma ganti tahun..nothing more.. Mendingan di rumah, nonton tipi dengan film bagus yang jor-joran di pergantian tahun ini. Tidak bising...tidak mubazir..  ada sih sebagian orang yang malah memilih mesjid sebagai tempat berdoa dan menggelar pengajian...itu malah lebih bagus kan?

Pernah juga di rumahku diadakan kumpul dadakan saat tahun baru, itu pun aku tidak perlu menyiapkan apa-apa, hanya minuman saja, sedangkan makanan teman-teman sendiri yang membawanya. Dan kami kumpul di sini sambil ngobrol dan nonton "Kungfu Hustle", film yang baru pertama kalinya di stel di tipi, dan semua temanku baru pertama kalinya juga nonton, jadi yang ada malah ketawa seru. Tidak ada petasan atau pun terompet saat itu.. Dan saat jam menunjukan pukul 12 tepat, tiba-tiba si Puni (temanku) berdiri dan menyalami semua orang dengan semangat 45 sambil bilang..."Selamat tahun baru yaaaa...!" ..hihihihihi.. lucu kalo diliat, dia sibuk gitu mondar mandir sendiri nyalamin orang-orang, sedangkan yang lain santai saja. Bahkan suaminya malah geleng-geleng melihat kelakuan istrinya itu... Kalo ga salah dia nyeletuk, "Apaan sih? ..tahun baru kita kan 1 Muharram..?!".. tapi si Puni cuek aja.. :-)

Well.. kalender sudah berganti, saatnya mencopot kalender lama. Biasanya yang pertama kali aku lakukan adalah melingkari hari-hari bersejarah di kalender itu dengan spidol merah. Biar ga lupa, walopun di hape juga aku kasih alarm kalo pas hari bersejarah tiba. Sayangnya ada seseorang yang masih saja sering lupa setiap hari bersejarah kami tiba... payah tenan.. Kenapa laki-laki terlalu cuek untuk hal-hal seperti ini ya?... Udah bawaan kali...

Tahun ini, tidak perlu ada resolusi apapun, percuma juga...pasti meleset.. yang penting, bagaimana kita menjalani setiap harinya dengan rasa syukur.. dan berharap selalu diberikan kesehatan..amiin..

Kita makan dulu pren..! :-)

.......

2 comments:

  1. Happy New Year teh,.. semoga makin produktif baik tulisan maupun fotonya,..

    ReplyDelete
  2. Sami-sami kang.. :)
    kang Asman juga jangan berenti nulisnya ya? Karena sangat jarang ada tulisan mengenai fauna di Indonesia..pasti sangat berguna ...

    thx ya..

    ReplyDelete