Friday, January 21, 2011

Gutbay Besek

Jaman sekarang ini, orang pengennya serba simpel, ga mau ribet mikir kebanyakan, pengennya serba cepat, serba tau beres, dan contoh salah satunya mengenai syukuran kelahiran. Dulu orang masih sangat antusias untuk membuat nasi dan lauk pauknya sebagai besek yang akan diberikan kepada para undangan saat acara syukuran kelahiran bayi. Terlebih dalam agama Islam yang bisa disebut aqiqah, pasti beseknya akan penuh dengan makanan yang terbuat dari daging kambing.

Saat ini sepertinya tradisi seperti itu sudah mulai surut, orang akan memilih untuk menyerahkan kambingnya ke panti asuhan atau orang yang kurang mampu, hingga besek pun bergeser menjadi cake dengan kotak bertuliskan merk toko kuenya, tidak ada lagi nasi juga bau mbek saat menu disajikan.

Memang bagus sih sebenarnya memberikan daging ke orang yang membutuhkan, cuma tradisi besekan lama-lama bisa ilang juga ya?.. Ada beberapa hal yang membuat orang beralih dari besek ke kotak cake sepertinya. Seperti, mereka tidak perlu repot menata apapun, cukup dengan memberikan kotak ini saja. Mungkin juga mereka mikir, ada beberapa orang yang tidak makan daging kambing, dan kemungkinan akan terbuang percuma jadi menunya diganti. Cake seperti ini akan tahan untuk 3-4 hari ke depan, tidak demikian dengan besek yang isinya nasi tersebut.

Waktu acara 'nyumbang' (adat yang ada di masyarakat Jawa, sebelum acara pernikahan terjadi, dimana masyarakat datang untuk memberikan selamat kepada yang punya hajat, biasanya mereka akan memberikan sedikit uang, atau hasil bumi), seperti yang terjadi pada adik iparku yang kemarin baru saja menikah, keluarga mereka juga hanya memberikan kotak cake kepada tamu yang datang. Tidak ada besek, tidak ada nasi, murni hanya kue saja, memang jadinya tidak merepotkan keluarga yang memang sudah terlalu sibuk mengurus acara pernikahan tersebut.

Simpel dan praktis, tapi tetap saja butuh dana lebih untuk hal yang satu ini, tapi nek dipikir jatuhnya sebenarnya hampir sama koq antara satu besek nasi dengan sayur dan lauk pauknya, dan satu kotak cake ini. Yang berbeda mungkin rasa persatuan diantara masyarakatnya, karena biasanya untuk membuat besek, para tetangga akan ikut membantu hingga ada rasa kekeluargaan diantara mereka.

Well, beginilah gaya serba cepat dan praktis metropolis serta bau amis... selalu saja ada yang dikorbankan ya?..


.....

No comments:

Post a Comment