Saturday, January 8, 2011

Hidup Sederhana

Banyak pelajaran yang kita ambil dari hanya sekedar berteman dengan seseorang. Aku punya seorang teman, dia dan suaminya bisa dibilang hidup sangat berkecukupan, karena suaminya menempati posisi yang tinggi di kantornya. Sedangkan istrinya (temanku) juga bekerja di sebuah perusahaan swasta. Istrinya pernah bilang kepadaku, ' aku cuma ingin cari kegiatan saja, makanya aku kerja lagi, habis di rumah juga ngapain cuma bengong...aku ga peduli dengan gajinya, setidaknya masih wajar aja ga papa...' begitu dia bilang padaku.

Dia memang tidak kekurangan sama sekali, karena suaminya masih mampu memenuhi semua kebutuhannya dengan mudah. Tapi mereka ini antik, orang mampu tapi santai, tidak ada rasa sok borju atau anti makan di pinggir jalan. Mereka sepertinya menikmati saja setiap keadaan ataupun tempat tanpa perasaan risih.

Untuk hal-hal seperti alat komunikasi juga begitu, dalam hati aku suka bingung juga, nih orang mampu koq hapenya yang buatan China, kayaknya mereka mampu deh membeli alat komunikasi yang paling canggih sekalipun. Tapi apa jawaban temanku, 'ah, yang ini juga cukup..bisa sms dan nelpon kan? ya udah..yang lain mah ga penting..!' begitu jawabnya membuatku salut.

Pun untuk hal-hal bersedekah, suami-istri ini tidak pernah banyak cingcong jika memberi sesuatu, ga ada yang namanya ngedumel. Ada orang minta sedekah tinggal kasih, wajahnya mereka pun datar saja tidak kelihatan kesal ataupun mengeluarkan kata-kata menghina. Biasa saja... Pernah suatu kali ada temanku yang lain bertanya pada suaminya, kenapa memberi uang yang lumayan besar pada peminta-minta, jawabnya...'kita tidak akan jatuh miskin hanya karena memberi uang sebesar itu, lagi pula mereka tidak akan meminta-minta jika posisi mereka seperti kita saat ini.. ya kan? Masalah mereka nantinya akan menjadi malas itu urusan mereka, karena niat kita hanya bersedekah...' ...ah, suami yang baik...

Mereka juga sudah lama belum dikaruniai seorang putra/i, lebih lama dariku. Walaupun mereka sudah berusaha dengan jalan bayi tabung, tapi tetap saja gagal. Tapi pasangan ini tetap kelihatan rukun, walaupun sang suami jauh lebih muda dari istrinya.

Begitulah kisah sepasang suami istri ini, hidup biasa walaupun serba berkecukupan, tidak sombong, tidak pamer, sederhana bersahaja...sebuah pelajaran yang sangat baik bagiku ...juga kalian... I hope .. :-)

........

6 comments: