Wednesday, January 26, 2011

Mendidik Anak

Anak-anak sangat mudah mengikuti kondisi lingkungannya, semua hal yang biasa terjadi di depan mata akan mudah diserapnya dengan cepat, tidak terkecuali hal-hal yang negatif. Sering aku mendengar sumpah serapah yang biasa diucapkan orang dewasa, tapi malah dilontarkan anak-anak, masih SD pula. Dulu jaman aku kecil orangtuaku akan menyentil bibirku atau memberikan cabe rawit jika kami anak-anaknya berbicara kasar. Dengan itu orangtua berharap bisa mengajarkan anak-anak agar bisa berbicara lebih sopan.

Tapi entah karena orangtua terlalu sibuk, terlalu banyak kerjaan, atau tidak tegas atau pun tidak peduli, jadinya banyak sekali anak-anak yang mencontoh hal yang tidak baik. Tapi terkadang tontonan yang tidak mendidik juga bisa berakibat buruk terhadap perkembangan mereka. Sudah banyak kejadian di televisi mengenai berbagai penyimpangan anak-anak karena tontonan seperti itu.

Kasian sebenarnya anak-anak ini, hanya karena tidak ada sortiran yang baik dari orangtua dan lingkungan, pun dari orang-orang yang berkepentingan membuat pertanggungjawaban sebuah acara di televisi, anak-anak menjadi mempunyai sikap diluar umur mereka. Jika kecilnya sudah seperti ini, bagaimana jika mereka besar nanti coba..? Aku sangat berharap setiap orangtua mampu mendidik anaknya dengan baik sesuai dengan usia mereka.

Oya, ada loh sebuah televisi yang lumayan menyajikan tontonan yang baik untuk anak-anak, yaitu Trans 7. Acara anak-anak yang mendidik ini ditayangkan hampir setiap hari sekitaran jam 12.30 sampai dengan jam 16.00 sore. Aku saja yang sudah ninik-ninik ini senang banget nonton acara yang dikhususkan buat anak-anak itu, apalagi mereka yang memang sudah pangsanya.. :-)

Anak-anak yang sehat, yang bertutur sopan, yang tumbuh dengan baik sesuai usia mereka, adalah anak-anak yang bisa dibanggakan orangtua dan lingkungannya. Jika mereka terdidik dengan baik saat mudanya, mereka juga akan (semoga) menjadi baik saat dewasanya nanti.

Hehehe..kalau saja aku punya anak mungkin aku bawel banget didik mereka ya..?

:-)

7 comments:

  1. iyah trans7 banyak program anak yg mendidik..semoga stasiun tv lain bnyk yg mencontoh biar ga sinetron melulu yg ditayangin :D

    ReplyDelete
  2. iyaa...semogaa..sinetron koq untel-untelan..
    kesian anak-anak :(

    ReplyDelete
  3. ....Subhanalloh, aku punya anak yang luar biasa...tidak seperti anak2 yang laen pada umumnya...yang suka bentak orang tua, bicara kasar, mantengin tipi, jajan sembarangan ato nangis2 minta dibelikan maenan...sama sekali jauh dari hal itu.
    Satu lagi...mendidik anak jaman sekarang harus pake ilmu 'TEGA'... he he he ;)

    ReplyDelete
  4. satu lagi, aku ijin share tulisan ini

    ReplyDelete
  5. kafi anak yang baik ya, alhamdulillah..
    jaga dia ya, koks...
    sun sayang dariku untuknya..

    boleh share, makasih :)

    ReplyDelete