Saturday, January 15, 2011

Sagon Bakar

Rasanya semua cemilan aneh aku sudah mencobanya, apalagi saat sakit kemarin, aku sering ngemil agar perutku tidak akan berhenti memamah biak, agar lambungku terus bekerja hingga sebuah luka akan segera sembuh. Dan lusa kemarin aku nyamber kue tradisional, namanya Sagon Bakar. Aku asal ambil saja karena aku sudah bosan dengan cemilan yang ada, dan nyamber yang ini.

Sagon bakar katanya makanan tradisional khas Banten, dengan bahan dasar parutan kelapa dan sagu, yang kemudian dipanggang dalam oven hingga kering, terkadang pinggirannya agak kehitaman, makanya disebut sagon bakar  Sebenarnya ada dua jenis sagon, yang berasal dari Betawi berupa serbu saja, dan yang berasal dari Banten ini yang bentuknya dipadatkan.

Soal rasanya tidak berbeda jauh, hanya saja yang satu tinggal 'hap..!' ketelen, yang satu lagi mesti sekuat tenaga gigitnya sampai gigi serasa mau copot. Apa iya begitu..? Kayaknya ngga deh ya?..cuma yang aku beli kemarin ini, ya ampuunnn...keras banget, kita serasa lagi makan kerikil. Waktu gigit pertama kalinya itu bikin gigi teriak minta ampun, tapi setelah kena air liur ya biasa lagi, langsung prul di mulut.

Sagon bakar dipasar biasanya dijual kiloan,  bentuknya juga bermacam-macam. Yang aku beli ini sudah berupa kemasan cantik. Mungkin agar terlihat menarik dan diminati jadinya dikemas seperti itu. Hanya sayang koq keras ya?...

Harga sebungkusnya berkisar antara Rp. 4000,- hingga Rp. 6000,- , mungkin yang dijual di Banten sana lebih lembut ya?..

Cara membuat sagon bakar bisa dilihat di sini.

.......

4 comments:

  1. mendingan makan bekatul....

    ReplyDelete
  2. sagon ada juga di Jawa ya??
    di Aceh ada juga, tp biasanya yg doyan orang2 tua kaya nenek2 dll. Jadi kalo ada anak muda yg doyan sagon pasti dibilang "selera orang tua".hehhehe:P

    Saya juga buka penyuka sagon:(

    ReplyDelete
  3. masa selera orang tua, kalo sagon bakar gigi si nenek bisa copot saking kerasnya :))

    sagon enak dimakan kalo sedikit aja..
    ga banyak :)

    thx ya Nova ..

    ReplyDelete