Thursday, February 24, 2011

Tidak Akan Kalah

Pengajian di kamis pagi ini membahas Lailatul Qadar, aku kurang begitu paham sebenarnya, yang aku tahu hanya malam itu adalah malam yang istimewa, yang terjadi kira-kira tanggal 27 dan 29 Ramadhan, tapi sarankan untuk mencarinya di tanggal ganjil di 10 hari terakhir di bulan itu.

Aku bukan seorang muslim yang baik yang selalu menunggu hari istimewa itu, bulan Ramadhan kemarin pun terlewat begitu saja karena aku berhalangan. Ntah kenapa halanganku hampir dua minggu saat Ramadhan kemarin, kadang ada rasa kecewa jika tidak bisa mengambil banyak manfaat di saat datangnya bulan puasa.

Ciri dari seorang yang mendapatkan Lailatul Qadar itu adalah, berubahnya sikap menjadi lebih baik. Dari yang biasa menjadi setengah baik, dan yang setengah baik menjadi baik. Sifatku masih saja sama jika kulihat, mudah marah, mudah kecewa, mudah bersedih, dan tidak ikhlasan, pokoknya satu halaman penuh mengenai sifat jelekku tidak akan habis tertulis di dalam satu buku. Kadang bingung juga dimulai darimana untuk bisa bersikap lebih baik. Niat sudah ada, melafalkannya diujung lidah pun sudah, tapi pada kenyataannya balik lagi sifatku seperti orang jahiliyah saja.

Tapi alhamdulillah Dia masih menjagaku, aku memang pemarah tapi mudah luruh jika terlontar kata maaf atau muncul rasa bersalah, aku memang emosian tapi mudah surut dengan sebuah air mata yang jatuh di bak kamar mandiku, dan aku memang mudah sekali bersedih tapi juga mudah sekali terhibur dengan sebuah senyuman dari seseorang. Jadi intinya, semua sifat yang ada pada diriku bisa dikendalikan jika aku bisa lebih ikhlas menjalaninya.

Untuk itu, aku hanya bisa terus belajar dan belajar tanpa kenal lelah untuk sebuah rasa ikhlas. Tidak ada tempat untuk menyesali apa yang terjadi dan terpuruk karenanya, aku harus mencoba membenahi diriku sendiri mulai sekarang. Berat memang jika kupikir, tapi yang aku pegang sebuah janji Allah, bahwa Dia tidak akan membebani masalah/kesulitan diluar batas kemampuan kita. Jadi aku yakin bisa melewatinya dengan berlahan. Hidup itu tidak melulu untuk kesedihan, walaupun aku mudah sekali terjatuh oleh rasa itu. Tapi seperti yang aku bilang, aku akan belajar mengatasinya.

Aku tidak akan kalah oleh rasa sedih... so help me God..!
Bismillah...

....

No comments:

Post a Comment