Sunday, April 10, 2011

Bersihkan

Musimnya lagi ga bagus kayaknya, soalnya banyak kudengar temanku pada sakit, aku sudah melewati tahap itu 3 minggu yang lalu, dan saat ke dokter pun beliau berkata bahwa memang sedang musimnya. Bu dokter itu bahkan bilang, flu burung juga sedang merebak kembali saat ini, bikin serem aja.

Sebelumnya, wabah itu juga pernah membuat aku lumayan paranoid, sampe kalo ada yang miara ayam aku suka ketakutan sendiri. Apalagi iparku miara ayam terus tiba-tiba mati, kubilang padanya untuk hati-hati, tapi iparku cuek aja. Memang sih alhamdulillah tidak terjadi apapun, tapi aku ogah banget deket-deket ama tuh ayam yang berkeliaran di halaman rumahnya.

Aku juga mulai berhati-hati saat memasak ayam, bener-bener ampe mendidih dan matang semua baru diangkat, pun aku juga menghindari makan ayam di resto kentuki ituh, wong di sana kadang ayamnya masih ada darahnya koq, kan serem. Telur ayam juga aku cuci dulu sampai bersih baru aku masukan ke kulkas, tau sendiri kan telur itu sering bercampur dengan kotoran dan bulu-bulu ayam. Plus pas dimasak juga harus mateng banget, biasanya suami senangnya setengah matang, tapi saat itu aku sengaja membuatnya matang sempurna.

Kebiasaan mencuci telur dulu akhirnya terbawa sampai sekarang, dan kupikir juga bagus, jadi saat kita memasaknya tangan kita tidak terkontaminasi dengan kulit telur yang kotor. Padahal kan sering banget kalo bikin telur ceplok main pecahin terus memasukan garam dengan menggunakan tangan kita, nah kalo telornya kotor, maka kotorannya akan ikut masuk bersama garam tadi kan..? Karena aku mikir gitu akhirnya kebiasaan itu terus berjalan sampai sekarang.

Sama juga kalo punya minuman kaleng, kalo bisa pake sedotan dibandingkan harus menyeruputnya langsung dari kalengnya. Karena kita tidak tau kaleng ini udah beredar kemana aja dan kena debu apa aja, jangan-jangan selama di gudang penyimpanan dilewatin kecoa atau tikus. Biasanya sih debu yang banyak, kalo ingin menyeruput langsung dari kalengnya, setidaknya kalengnya harus bersih, biasanya aku akan mengelapnya dulu atau kalo di rumah mencuci bagian tutup kalengnya hingga debunya tidak ada. Kalo di luar rumah ya pake sedotan. Sedangkan untuk minuman kotakan, ga terlalu begitu ribet, karena sedotannya juga dibungkus, jadi bersih.

Cuma ingin berbagi saja, semoga bermanfaat buat kalian. Jaga kesehatan kalian masing-masing ya..?  tidak ada yang lebih menyenangkan selain kita dalam kondisi sehat.

Hari ini panas banget cuacanya, jam 6 pagi saja di luar sudah terang benderang, mana aku kesiangan lagih..kacow dah..

.

3 comments:

  1. jaga kesehatan emang penting banget mbak. wah flu burung musim lagi??adu adu.....

    ReplyDelete
  2. pusing dah.. !
    hehex..
    penyakt merebak

    ReplyDelete
  3. Nova :
    takecare ur self ya, Nov :)

    Sefa :
    pegangan, Sef kalo pusing...:D
    abis itu makan martabak..:))

    ReplyDelete