Monday, May 23, 2011

Jinak

Sudah lama sekali aku tidak melihara kucing, mungkin karena kerepotanku hingga rasanya akan semakin ribet saja kalo ada mahluk yang harus aku urus. Belum lagi aku juga menjaga agar aku tidak terkena virus toxoplasma yang berbahaya bagi ibu yang akan memiliki bayi, dan kucing adalah salah satu pembawanya.

Tapi ternyata biarpun tidak memelihara kucing, ada saja kucing yang selalu sowan ke rumah, ga kucing gede atau yang kecil. Terakhirnya sowan ke sini adalah kucing belang hitam putih yang sedang hamil dan melahirkan di dekat gudang belakang. Anaknya ada dua, tapi belangnya malah ada tiga, hitam putih dan coklat. Bisa dipastikan kalo belangnya tiga adalah kucing betina. Tapi selama itu aku tidak memberi makan agar mereka segera hengkang dari rumahku.

Belum lagi anaknya besar si emak sudah pergi kemana tau meninggalkan anaknya, sampai anaknya kurus kering, kesian juga akhirnya aku kasih makan juga dua anak kucing terlantar itu, tapi aku tidak pernah berusaha memegang mereka. Sengaja biar ga terlalu aleman padaku, pun saat aku datang membawa makanan dua kucing itu pasti lari ngibrit ngumpet di pojokan.  Aku juga ga setiap hari memberi makan mereka, cuma kalo ada sisa makanan saja, biar mereka mandiri, atau mencari tikus, atau pergi mencari tempat sampah.

Bukannya pergi karena ga dikasih makan, mereka malah betah ngedon di deket gudang itu, padahal aku sering pergi, dan saat aku diopname kemarin, praktis ga ngasih mereka makan hampir 4 hari. Tapi mereka diam saja di dekat gudang, ga mau pergi kemana pun, kuat juga puasanya tuh dua kucing ya? :D ...kesian..

Bulan berlalu, dua kucing ini mulai keliatan remaja, dan masiiihhh aja ga mau pergi. Malah nungguin di depan pintu dapur sambil melihat ke dalam, nungguin jatah makan. Dan beberapa hari yang lalu malah salah satu dari mereka mulai berani mendekati aku dan nyender-nyender di kaki minta dikasihani. Saat aku jemur pakaian juga kucing yang ini sibuk ngikutin kemana aku melangkah, aneh emang.. malah jinak sendiri nih kucing, mungkin karena sering aku kasih sisa makanan kali ya? Padahal yang aku kasih juga kadang aneh, cuma sisa tulang, sisa kue, tahu goreng, bahkan aku pernah melempar kerupuk buat mereka makan karena ga ada apa-apa. Pernah juga sih aku sengaja bikin orak arik telur buat kedua kucing remaja itu. Pokoknya sekenanya lah..

Kucing liar saja kalo kita telaten mengurusnya bisa jadi jinak, apalagi dengan manusia ya.. :-) berbuat baik tanpa pamrih, berusaha memberi jika sanggup, pun jika tidak sanggup sebuah senyuman bisa cukup membantu. Bertutur kata yang baik berusaha tidak menyakiti hati orang lain, memilih kata-kata yang baik saat bicara, karena kita tidak tahu apakah yang akan kita katakan akan menyakiti orang lain atau tidak.

Sekarang ini, aku sedang berusaha tidak mengambil hati jika ada seseorang yang sengaja atau tidak sengaja membuat hatiku tergores karena ucapannya, berusaha untuk tidak ambil pusing dengan perkataan seseorang kepadaku. Setiap orang punya gayanya sendiri dalam berbahasa, ada yang gayanya ketus, keras, setengah nyindir, nyelekit, mengolok-olok, atau apapun lah... jika sudah bawaan mereka seperti itu ya sudah, semoga saja mereka tidak sengaja mengatakannya. Pun jika sengaja juga tidak apa-apa...mungkin memang aku seperti itu di mata mereka. Awalnya sih memang terasa ngilu, tapi kubiarkan saja... lama-lama juga hilang..semoga..

Tidak selamanya tutur kata yang baik akan mendapat balasan yang baik juga, jadi...ikhlaskan semuanya, dan pasang segaris senyum.. bereeesss..!  Banyak yang lebih ruwet dibandingkan hanya sekedar mengurusi ucapan seseorang.. :-)

Bunyi geluduk terdengar di ujung langit, kuharap malam ini hujan akan turun.. sore tadi tidur sebentar, bisa-bisa aku begadang lagi nih.. huuuu.. kembali ke jaman purba, kerjaannya begadang terus.. payah benar aku..

....

2 comments:

  1. Kucingku nambah anggota baru anaknya ucrit 3, jadi sekarang dirumah ada 6 kucing, yg 3 masih kecil*gmn cara mbuangnya ...gak tega *kasian :(

    ReplyDelete
  2. duh..makin ribet dah..
    jangan dicium-cium say...suka bawa virus..

    ReplyDelete