Tuesday, May 31, 2011

Pijat Sakit Kepala

Saat masih sekolah dulu, aku mempunyai penyakit migren yang hebat. Kalo bisa diitung seminggu sekali pasti kena migren. Saking seringnya aku sampai harus memeriksakan kepalaku untuk melihat apakah ada yang salah di dalamnya. Tapi setelah di cek ga kenapa-kenapa (alhamdulillah), tapi migrenku masih saja sering kumat.

Seiring waktu berjalan, aku pun menikah, saat itu ntah kenapa migrenku mulai berkurang banyak, paling akan kumat kalo kena panas yang menyengat, atau stres dan kalo lama ga makan (biasanya karena males ngunyah). Migrenku juga akan berlangsung lama, bisa sampai tiga hari baru agak lumayan. Rasanya senut-senut bikin kepala mau pecah, dan hanya sebelah kepala saja, sampai mataku jadi ikutan berkedut saking sakitnya.

Biasanya aku akan minum kopi dulu untuk meringankannya, lalu tidur agak lama, kalo keduanya ga sanggup meredakan migrenku maka aku baru minum obat.

Sebenarnya paling enak emang dipijat dibagian kepala dan leher belakang, dan lebih enak lagi kalo yang mijat itu orang lain, bukan kita sendiri. Rasanya ga bisa relax kalo mijat kepala kita sendiri, kalo orang lain kan kita bisa menikmatinya. Efek relax ini lah yang bikin urat-urat di sekitar kepala dan leher menjadi kendur dan tidak tegang lagi. Bahkan beberapa orang melakukan hubungan seks untuk mengurangi rasa sakitnya, karena dengan kegiatan itu tubuh akan mengeluarkan endorphin, yaitu hormon yang menciptakan perasaan enak dalam otak.

Aku sempat membaca artikel tentang ini, bagaimana seks bisa menghilangkan sakit kepala. Sesaat setelah orgasme, otak akan memerintahkan tubuh untuk mengeluarkan hormon pembunuh rasa sakit. Hormon itu adalah hormon yang bekerja dan memiliki efek seperti morfin. Secara awam mungkin boleh diartikan bahwa semakin banyak orgasme, maka semakin banyak "obat sakit kepala" yang dikeluarkan.

Selain itu ada juga dengan cara acupressure, semacam totok tubuh. Untuk sakit kepala/migren titik acupressure-nya terletak di antara jempol dan jari telunjuk, cara kerjanya hampir sama, dengan cara menekannya pelan-pelan endorphin juga akan keluar, dan membunuh sakit kepala tadi.


Kemarin aku mengalami sakit kepala yang hebat, migren sampai tiga hari, ketika mencoba brosing untuk mencari cara bagaimana cara menanggulanginya, maka aku menemukan ini. Pernah sih dulu aku baca tentang acupressure ini, cuman namanya udah ninik-ninik, jadi udah pikun dan lupa ada pengobatan sederhana tanpa obat ini. :-) oya, kalo bisa sekitar tulang tengkorak belakang, leher sampai bahu juga ikutan dipijat, itu juga akan mengurangi ketegangan di leher, karena biasanya orang sakit kepala otot di sekitar situ ikutan tegang. Plus pijat daerah dahi, gunakan dua tangan pijat ke arah luar berbarengan. Duuh...kalo yang ngerjain orang lain, rasanya makyus banget...!

Semoga migren ga sering-sering mampir lah, rempong euy...

Read this :

.....

6 comments:

  1. kalau aku gak begitu sering tapi ya sesekali pernah mengalami seperti mb ay sering migren separo..kalau sudah seperti itu saya minta tolong suamiku untuk mimjat bahu saya dan sekitar leher...hasilnya lumayan bisa meredakan migren ku mbak....

    ReplyDelete
  2. enaknya dipijetin suamiii..:-)
    tapi kalo pas suami lagi kerja, bisa gunakan totok tangan tadi, lumayan membantu..

    ReplyDelete
  3. obat alami sakit kepala bikin enak di kepala....ehmm enyakk-enyakk..()

    ReplyDelete