Wednesday, June 22, 2011

Ketemu Ular

"Ular derik...ular derik..! Awas...!" begitu si mamih teriak sambil nunjuk-nunjuk pot di teras depan rumahnya.

Aku yang duduk di bangku bambu sampe kaget, bukan kaget karena ada ular, tapi kaget denger si mamih teriak-teriak. Tapi abis itu aku naik ke bangku dan berdiri di sana, ga lucu juga kalo ada ular nyelonong ke arah kakiku kan? *padahal takut tapi sok gengsi...hihihi lebay..*

Para lelaki akhirnya mendekat melihat ular yang katanya sembunyi di dekat pot, ayahku mengambil stick golf yang sudah dirubah ujungnya menyerupai katapel, memang gunanya untuk menjepit binatang sih. Tau sendiri kan stick golf bahannya keras banget, apalagi tinggal di daerah kebon begitu, pasti banyak binatang aneh. Dulu juga di rumahku nyimpen stick golf, buat mukul maling ceritanya, untung saja ga pernah bertemu muka ama maling (kemalingan sih iya), palingan jiper duluan sampe lupa ama stick golf. Koq jadi ngomongin maling sih?...Back to uler...!  Lalu diberikannya stick itu sama akang, dia lalu mendekat ke ular yang sedang meringkel di dekat pot, dijepitnya ular itu lalu pelan-pelan di pegang kepalanya, dan diperlihatkan padaku....heyalahhh..ular kecil ternyata, aku bayanginnya ular segede sanca gitu yang buntutnya kayak krecekan bisa bunyi.

"Tapi justru ular kecil seperti ini yang bahaya..!" kata akang, aku cuma ho-oh aja, lha wong ra ngerti blas soal perularan, aku juga ragu dia ngerti apa ngga soal jenis-jenis ular seperti itu. Wong kerjaannya di depan komputer trus koq, tapi dia bilang sih pernah dapet pelajaran dari temannya soal ini. Mbuh lah..

"Ularnya jangan dibunuh ya..!" kataku.

"Sapa juga yang mau bunuh ular..? Wong mau dilepas koq.." sahutnya sambil berjalan ke arah  kali kecil di bawah rumah ayah, lalu dilepas... dengan cepat si ular menyeberang dan menghilang diantara semak, gesit bener.. Kalo bisa sih emang kalo nemu ular jangan dibunuh, kecuali terpaksa. Biasanya mereka berkeliaran di dekat rumah karena sudah tidak ada tempat yang nyaman untuk habitat mereka, sudah terusir dengan banyaknya pembukaan lahan dan perumahan, jadinya ngacir lah mereka ke perkampungan.

Ono-ono wae lah.. lagian sebenernya ini ular derik apa ular apa sih ya? Ada yang tahu...?

.....

3 comments:

  1. ular yang berderik..
    nek uler uget
    uler yang uget uget...

    ReplyDelete
  2. ular berfungsi predator utk banyak hama tikus, dll kalo ular dimatiin gmn donk....makanya peliharalah "ular" sebagaimana mestinya....hehe

    ReplyDelete
  3. Rawz :
    tak lempar uler sisan ki..

    Adi :
    nah itu dia, ada banyak kucing pun percuma, kucing sekarang aleman...

    ReplyDelete