Friday, July 1, 2011

Gendong

Aku ingat ibuku pernah bilang, bahwa aku dan anak-anaknya yang lain, sejak bisa berjalan tidak pernah mau digendong kecuali jika kami sakit. Inginnya lari saja, bahkan kalo kecapean jalan, kami tetap tidak minta digendong, sampai kaki kecil kami terseok-seok mengimbangi langkah ibuku yang lebar-lebar itu. Setelah benar-benar lelah dan kami hanya bisa jongkok karena tidak kuat, akhirnya baru ibuku menggendong.

Yang paling ribet adalah, jika kami sakit berbarengan, mau ga mau kalo pas jalan harus menggendong dua anak kecil depan dan belakang, atau gendong kiri dan kanan. Usia kami juga hanya berbeda setahun, jadi secara fisik hampir sama besarnya. Saat-saat anaknya sakitlah kekuatan seorang ibu diuji. Kadang sampai bahu dan lengan memar saking kelamaan gendong, belum lagi begadang karena menunggu anaknya sakit. Rasanya saat anak sakit, ibu juga merasa sakit karena kerepotan mengurusi mereka.

Aku pernah menggendong ponakanku yang usia 3 tahun, dia ga mau turun karena lagi aleman, duh ampun.. tanganku rasanya kram, pinggang rasanya mau copot, sampai gemetaran rasanya. Mungkin karena tidak terbiasa menggendong anak kecil.. mungkin kalo aku punya anak, pasti akan terbiasa menggendong mereka, tapi tetap saja nantinya akan memar juga walopun lama. Seorang ibu itu tahan berjam-jam menggendong anaknya, berbeda dengan pria. Pria memang kuat secara fisik, tapi untuk yang satu ini aku yakin pria tidak sanggup melakukannya.

Eniwei, sekarang kan udah bangkotan nih ceritanya, tapi rasanya tetap saja ingin digendong juga, tapi bukan ama si emak melainkan dengan pasangan kita.  Kalo di tipi kan suka ada tuh abis nikah, sang pria menggendong pengantin wanitanya, pengen kan?.. Malu? ya jangan di depan umum lah... :D

Oya, asal jangan cemberut aja pas dia bilang, "kamu koq berat banget sih..?" *terhuyung-huyung*...

Huuuu...ga jadi gendong aahh..

2 comments:

  1. ibu emang segala2nya tabik bunda....gw beda saudara 2 tahun salut mbak kalo beda cuma setahun brarti abis nglahirin 3 bln kemudian halim....

    ...soal gendong mengendong biar smangat ga terhuyung-huyung ada upahnya sembari nyanyi "tak gendong kemana - mana............" kkkkkkkk

    ReplyDelete
  2. iya.. 3 orang bersaudara cuma beda setahun ajah :D tapi yang keempat agak jauh, beda 6 tahun...itu mah kebobolan...hehehe..

    jangan suruh nyanyi deh aku, ntar pasti komentarnya, "nyanyi apa nangis..?" hihihihi...:P

    ReplyDelete