Tuesday, August 16, 2011

Canggih

Sholat tarawih hari keberapa ntah aku lupa, tapi malam itu aku duduk di barisan kedua diapit ibu-ibu setengah baya. Ibu di sebelah kananku membawa tas rajutan berbentuk empat persegi yang terlihat cantik. Tak berapa lama saat khotib sedang ceramah, beliau mengeluarkan sesuatu dari tasnya... Ipad.

Dalam hati aku mikir, mbok yo kerjaan jangan di bawa ke masjid toh, kan bisa ntar di rumah aja. Tapi dugaanku ternyata salah, beliau perlahan menyentuh bidang datar itu dan terbukalah E-Al Quran. Sebuah sofware alquran yang bisa di donlod secara gratis di internet. Canggih juga nih emak-emak, biasanya emak-emak agak gaptek ama barang-barang gadget kayak gitu, contohnya ibuku :D Tapi yang satu ini top lah..



Lalu keesokan harinya ada lagi ibu lain yang masih muda, dia juga membawa perangkat canggih ini ke masjid, dan sama dengan ibu-ibu di atas tadi, dia menggunakan Ipadnya untuk membaca Alquran. Dan saat tidak digunakan, maka anaknyalah yang menggunakannya untuk main game di sana.


Teknologi memang sudah merambah kemana-mana ya? Dulu kita biasanya kalo ke masjid bawanya kitab Alquran, sekarang sudah tidak lagi. Kalo aku pribadi lebih suka yang tradisional, membawa kitab saja, rasanya lebih afdol jika bisa menyentuh kitab itu. Memang sih di hapeku aku juga mendonlod software Alquran ini. Tapi jarang aku buka, karena aku lebih memilih membuka kitab.

Mungkin memang mempermudah orang kalo kitab hanya berbentuk aplikasi yang bisa di simpan di gadget kita. Ga berat, bisa di bawa kemana-mana, praktis. Tapi yang aku bingung mengenai hukumnya jika perangkat semacam Ipad itu di bawa ke kamar mandi, sementara di dalamnya ada sofware Alquran, apa boleh ya? Padahal dengan kitab berbentuk buku dilarang membawanya ke kamar mandi.. Ada yang tahu hukumnya gimana?

Pernah seorang teman membahas hal ini, dia bilang sih selama tidak digunakan atau distel hingga keluar suaranya, atau dibaca oleh kita di dalam, itu ga papa.. tapi ntahlah, dia juga agak ragu dengan teorinya itu..

Mohon pencerahan, prens... :-)

2 comments:

  1. Hmm,, kalo menurut saya. Bahayanya kalo ipad-Nya dibawa ke kawamar mandi. kalo kesiram wah rusak.

    ^^ menurut saya gak masalah dah mba, al-qur'an yang dibaca di ipad 'kan bersifat software, analoginya yang dibawa ke kamar mandi itu adalah benda mati yang didalamnya terdapat hardware2 pendukung. Berbeda dengan alqur'an, yang secara khusus sebagai kitab suci, secara etika tidak pantas untuk dibawa ketempat tersebut.

    Selain itu di Ipad 'kan tidak ada tulisan arab yang terukir dari tinta diatas kertas, jadi tidak membahayakan perubahan mahroj huruf jika terkena air. Alquran kan terbuat dari kertas dan tulisan dari tinta yang kemungkinan bisa luntur serta rusak jika terkena air, fatal akibatnya jika ayat tersebut basah dan sobek atau mungkin fathah,dhomah serta tanda tanda lainnya tidak jelas karena terkena cipratan air so bisa merubah makna dari ayat tersebut serta jadi bisa menjadi dosa bagi yang membacanya.. ^^

    ::next saya tanya pak ustaz deh, *-^

    ReplyDelete
  2. wah gw ga tahu hukumnya mba gw rasa tergantung penafsirannya....gw tebak ipad yg dipakai si ibu itu isinya macam2 bukan hanya melulu text al qur'an saja deh jd ga bs disebut sbg kitab al qur'an semata.... selagi membantu penggunanya ipad diisi apapun kenapa tidak tergantung nawaitunya

    semula tablet macam ipad dll itu dicipta sbg e-book semacam database kumpulan buku2 apa saja ada kamus, textbook ilmiah, bisa memuat file2 kerjaan proposal2, termasuk bisa diisi text al qur'an itu, jadi buku yg tebal2 apapun bisa disimpan softcopynya disitu so efisien emang, file e-book ada yg gratisan ada yg berbayar.....tablet ada yg 7" atau 10" pilihan mana yg membuat enak pembacanya layaknya baca buku hardcopynya, biasanya yg 7" dilengkapi simcard utk telpon dgn bluetooth headset, plus fungsi2 tambahan lainnya game, sosial network, music programming, dll.....kesimpulannya kehadiran tablet /ipad sangat membantu penggunanya deh.....

    ReplyDelete