Tuesday, August 16, 2011

Dibangun

Untuk sampai ke daerah pusat kota, aku harus melewat jalur ini, jalan I Gusti Ngurah Rai. Bisa sih lewat tol JORR, tapi kayaknya hampir sama sering macet juga. Beberapa hari yang lalu, pohon-pohon rindang di sepanjang jalan I Gusti Ngurah Rai di tebang, ternyata akan diadakan pembangunan Busway Pulogebang - Kampung Melayu. Katanya penebangan ini mendapat protes keras dari Walhi.

Dan terakhir kemarin aku malah sudah melihat bedeng-bedeng didirikan di separator rumput itu. Taman separator itu akan dipapas, dibuat jalur busway, ga tau sampai kapan akan pembangunan ini akan selesai, tapi jalurnya setiap harinya macet ini pasti akan bertambah macet saja selama pembangunan berlangsung.

Jalur ini sebenarnya sudah terlewati commuter, ada kereta yang bisa mengantar kita ke pusat kota, memang sih tidak setiap stasiun terlewati, tidak seperti busway yang bisa transit dan ganti haluan, cuma KRL itu lumayan membantu transportasi masyarakat di daerah sini. Jika busway sudah beroperasi bisa jadi mempermudah masyarakat juga, tapi aku ga berani jamin apakah jalurnya akan terhindar dari kemacetan.
Biasanya aku kalo mau naik busway harus ke Rawamangun dulu, baru dari sana ke pusat kota. Kalo jalur ini jadi nantinya, mungkin akan lebih dekat dari tempat tinggalku, tidak perlu ke Rawamangun dulu untuk naik busway.

Sampai saat ini belum terlihat tanda-tanda para sopir bus mendemo pembangunan jalur busway ini, tapi ntah nanti jika sudah mulai beroperasi. Sedikit banyak lahan mereka juga akan terambil busway ini.

Aku sih senang-senang saja ada pembangunan jalur busway di dekat rumahku, jadi ada dua pilihan transportasi, commuter dan busway. Cuma ya memang sayang pepohonan yang biasanya rindang di separator itu terbabat habis. Padahal tau sendiri Jakarta panasnya kayak apaan, dan semoga saja tidak mematikan lahan sopir bus umum di sini.

PS :
Malem-malem ngebahas beginian... tidur ah..ntar sahur kesiangan repot..

No comments:

Post a Comment