Friday, August 12, 2011

Ga Masak

Jumat, waktunya bersih-bersih, bersih badan sebersih dapurku karena tidak masak hari ini. Asikk kan? :D *padahal emang jarang masak* ... masakanku asli ga enak, akang aja sering komplen katanya hambar, kalo dah gitu tinggal aku aja yang makan sendiri sambil muka ditekuk..hihihihi. Pokoknya jangan nyuruh aku masak dah, nyuruh aku nyicipin baru deh aku jagonya.



Hari ini akang bakalan bukber dengan orang kantor, jadi aku aman di rumah sendirian. Kalo sendirian mah makan apapun jadi, buka dengan teh dan biskuit pun jadi. Ntah kenapa selama bulan puasa pengeluaran jadi berlipet-lipet rasanya, terutama buat makanan. Padahal kebanyakan makanan juga malah mubazir, yang ada larinya ke tong sampah. Bisa sih kasih ke orang, tapi kalo puasa begini orang-orang suka ga pada keliatan saat sore menjelang.

Banyak diantara kita menyediakan makanan yang berlimpah saat berbuka puasa, dari mulai gorengan sampai kolak, dari mulai teh sampai es buah beraneka ragam, malah kadang ga abis saking kebanyakan, malah kadang ga bisa makan malam karena sudah kekenyangan ama menu berbuka puasa, lagi-lagi terbuang..

Bulan puasa yang seharusnya menumbuhkan rasa prihatin dengan ketidakmampuan orang lain untuk pemenuhan kebutuhan pangannya, malah jadi seperti berlomba-lomba makan enak. Sayang sekali memang.. aku pribadi sih ga terlalu memikirkan menu berbuka atau sahur seperti apa, ceplok telor juga jadi. Tapi yang repot jika ada anak-anak dan suami. Mereka biasanya minta disediakan makanan yang menarik, kalo anak-anak mah masih maklum, makanan enak bisa membangkitkan selera mereka hingga mereka mau puasa. Nah, kalo suami kan harusnya juga santai aja, cukup apapun yang ada ...tapi ya kadang kitanya suka kesian juga ngeliatnya, masa buka puasa cuma ama teh manis hangat plus biskuit..? tega banget jadi istri..

Rasanya kalo puasa itu kan tidak ada bedanya seperti kalo kita puasa senin-kamis, biasa saja. Jadi puasa bulan ramadhan juga harusnya bisa begitu, yang nambah itu amal ibadahnya, bukan nambah makanannya.

Ya sutra lah... pokoknya hari ini aku bebasss.. ga perlu mikir buka beli apa, mikir sahur aja ntar. Tapi sahur nanti lauknya apa ya?...yaaaah...bingung lagi deh..

4 comments:

  1. cie cie... lah emang hari ini mba puasa?? tadi saya lihat lagi srupuutt es kelapa muda di depan rumah,, *kaburrrrr

    ReplyDelete
  2. iyah bener bagi kebanyakan orang puasa cenderung jor2an besok buka pake apa (mampu memilih2 makanan kesukaan) padahal hakekat ibadah puasa diantaranya ikut merasakan mereka yg serba fakir (besok bisa buka apa nggak).......

    ReplyDelete
  3. TAKJIL????
    Mau donk mbak!

    Salam kenal ya..

    ReplyDelete
  4. aku pilih catering aja deh mbak.. tidak mubazir karena porsi pas utkku sekeluarga, dan yang pasti tidak berlebihan.. #ketahuan malas masak# hehehe

    ReplyDelete