Saturday, August 27, 2011

Membludak

Baju adalah yang dibeli pertama kali saat hari raya tiba, hari raya apapun itu. Dan untuk orang muslim, lebaran adalah saatnya bagi sebagian orang untuk membeli baju, terutama baju buat anak-anak.

Sebenarnya tidak ada aturan khusus untuk mengenakan pakaian baru saat lebaran (sholat Ied), tapi ada anjuran untuk mengenakan pakaian yang bersih atau pakaian terbaik kita. Dan sebagian orang memaknai ini dengan membeli baju baru, karena baju baru adalah baju terbaik kita. Di hari kemenangan nanti, semua orang berharap akan kembali fitrah, kembali suci, atau ada sebagian orang bilang kembali 0-0 (kosong-kosong).

Aku tidak tahu apakah akan seperti itu, tapi aku dan semua umat muslim berharap kembali fitrah. Bagi diriku pribadi sih sepertinya aku jauh dari harapan seperti itu, karena yang aku ingat, selama bulan ramadhan ini ada saja yang membuatku marah, kesal, benci, menangis, trauma dan lain-lain. Dan aku merasa bulan ramadhan ini adalah bulan yang terberat dalam perjalanan hidupku, banyak sekali cobaannya. Jadi bisa dilihat, bahwa aku tidak mungkin menjadi fitrah karena di bulan suci ini aku tidak mengisinya dengan amal sholeh yang maksimal. Dan aku sadar itu, makanya cuma bisa memohon ampun atas semua dosaku.

Kembali ke baju, sudah lama sekali tradisi beli baju buat lebaran kuhilangkan. Aku bukan lagi anak kecil yang senang pake baju baru saat lebaran tiba.Aku adalah orang dewasa yang lebih ke ribet mengurusi orang lain hingga ibadahku jadi terganggu di bulan suci seperti ini. Tapi tetap kunikmati sih :-) namanya juga berbagi kebahagiaan.

Eniwei, aku jarang sekali atau bisa dibilang tidak pernah membeli baju anak-anak, karena aku belum memiliki anak, juga karena aku tidak tahu ukuran baju anak-anak untuk semua keponakanku, aku sama sekali buta dengan baju anak-anak, itulah kenapa aku tidak pernah membelikan ponakanku baju. Paling yang ada cuma bisa ngasih angpou, mau dibelanjakan untuk apa terserah mereka, palingan ga jauh dari jajanan dan mainan juga petasan.

Lebaran tahun ini cuma beliin baju koko buat akang, itu juga bukan karena mau lebaran, tapi karena baju koko si akang udah pada kesempitan alias si akang jadi ndut ...heran, bulan puasa koq beratnya ga turun ya?. Dan pas kemarin itu ada teman yang jual baju koko, jadilah beli ama dia, lagian bayarnya bisa dicicil...hihihi :P

Oke lah, baju udah, angpou dah siap, hantaran buat sana sini udah beres, tinggal kopernya. Kenapa malah ga muat gini sih kopernya ya?.. Karena ada niat mo keliling Jawa jadinya bawa banyak, walhasil membludaklah isi koperku. Jadi terpaksa hunting koper dulu deh, itu pun perjuangan banget, ternyata yang mo beli koper bukan cuma aku, pemudik lainnya juga antri.. Hadeeuuh..untung masih bisa beli yang bagusan dikit walopun koper seadanya...diskon pula...:D

Yuk ah..

# laporan saat mudik 2011

3 comments:

  1. Manusia haya bisa berusaha, dan berdo'a, biar Alloh saja lah yang menilai ibadah kita baik atau gak.. *gaya ustadz ^0^

    ciee ciee yang mudikk...!!
    oia mba, jangan lupa oleh-olehnya ya..
    *-^

    ReplyDelete
  2. tradisi kasih angpao booming nasional deh mbak ga heran dimana2 rame penukaran uang receh baru di bank (gw ikutan juga hehe) mungkin lbh fleksibel ditabung, beli baju, buat jajan, whatever lah......pantesan kata BI permintaan uang receh baru lebaran 2011 mencapai Rp 77 trilyun byuhhhh !!!!

    .....yup met mudik n' dipuas2in keliling semarang mbak makanannya enyak2 kan nyum nyum.....ngecezz deh ()()()

    ReplyDelete