Thursday, September 15, 2011

Bulan Merah


Waktu dalam perjalanan pulang dari Bogor semalam, aku melihat bulan berwarna merah. Kupikir awalnya hanyalah sebuah lampu di antara rerimbunan daun, tapi ternyata itu memang bulan. Saat itu sekitar pukul 7.00pm, dan karena aku memegang kamera pocket, akhirnya kuabadikan segera.

Sayangnya hasilnya mengecewakan, gelap, blur dan bulan keliatan jauh sekali, tapi masih terlihat merah. Fenomena yang jarang aku lihat walau sebenarnya hal ini adalah biasa, itu juga kata tuan Gugel yang baru aku browsing untuk mencari tahu kenapa bulan berwarna merah.

Katanya sih bulan hampir sama dengan matahari, saat memasuki atmosfer bumi dimana bulan di posisi rendah atau dekat dengan horizon (semalam juga posisi bulan rendah, makanya sulit mengabadikannya diantara rerimbunan pohon, jadi makin gelap gulita), maka bulan akan terlihat lebih merah karena warna biru yang di langit juga terlihat lebih biru, kayaknya membias gitu deh.. Penjelasanku aneh ya?.. hehehe.. kalo gitu silahkan kalian baca artikel ini deh, daripada baca bahasaku yang ngaco..


Oya, di atas foto hasil jepret semalem yang blur... parah deh .. :-)

3 comments:

  1. mungkin itu pesawatnya UFO lagi kebakar, biasalah kemarau parah gini, apa aja jadi gampang kebakar to? #eh

    welcomeback *bighug :-D

    ReplyDelete
  2. itumah faktor kebersihan udara yang kurang
    buruan pindah deh dari situ...

    ReplyDelete
  3. sayang sekali saya gak bisa mengabadikan mbak

    ReplyDelete