Tuesday, November 29, 2011

(Bukan) Tukang Service

Seorang teman menelpon sore kemarin minta tolong aku untuk memperbaiki komputer desktopnya yang sering tiba-tiba mati saat digunakan. Aku cuma nyengir aja pas dia bilang begitu, lalu kubilang bahwa aku sama sekali tidak mengerti cara memperbaiki komputer, apalagi hardwarenya, yang ada bisa tambah ancur ntar kalo aku oprek-oprek. Tapi ternyata dia dikasih tau temennya kalo aku bisa benerin komputer, karena mereka pernah minta tolong aku soal masalah perkomputeran dulu.

Lha iya sih pernah nolong, tapi cuma ngajarin gimana pake internet ama pasang speaker di PC doang, di luar itu sama sekali kagak ngarti. Trus dia malah ngelanjutin, kalo benerin Infocus bisa ga..? Hah?..paan tuh?..ternyata sebuah proyektor...ya ampun, dikira aku tukang service kali ya?.. :D ..panjang lebar ngejelasin kalo aku ga bisa apa-apa, sampai akhirnya ngobrol ngalor ngidul soal anaknya, yang katanya mau masuk SMA koq harus punya laptop. Mahal amat ya pendidikan jaman sekarang..? Hmm.. 'eh, kalo benerin laptop bisa ga..?' ... *tepok jidad..*

Sebenarnya yang lebih ngerti soal perkomputeran dan barang elektrik ya si akang, tapi karena dia lagi sibuk ngoprek gerobak jadi ga bisa diganggu gugat. Dari pagi sampai malam cuma gerobak aja yang dia tongkrongin, sampai makan juga ga sempat kalo aku ga diingetin. Tapi teteub aku tanya apa dia bisa nolong temenku benerin komputernya, ya jawabannya bisa ditebak deh...sibuk, bro..

Kasian juga temanku itu, terpaksa dia harus membawanya ke Ambas, dia ga bisa minta tolong sama suaminya juga karena suaminya selalu pergi keluar kota. Jadi istri memang harus serba bisa kalo tidak ada suami di sisinya, belom lagi anaknya tanya gimana cara ngoperasiin powerpoint, atau photoshop... pusing dah tu emak-emak. Pake words aja masih gagap, apalagi suruh ngoperasiin sofwer tadi.

Tapi punya anak itu kadang bikin orang jadi pinter sih, soalnya musti belajar lebih banyak biar kalo anak nanya bisa kita jawab.

Ayo emak-emak...belajar..!

4 comments:

  1. malahan bocah di kotaku, masuk SMP kudu punya laptop juga Ay, heboh bener ya pendidikan dimari, modalnya musti gede :-) coba buka deh http://mastein.wordpress.com/2011/10/07/standard-anak-tk/

    eniwei, sori OOT :-D

    ReplyDelete
  2. duuh..mau sekolah aja susah sekarang, apalagi mesti punya modal sendiri.. buat orang yang ga mampu tapi otaknya encer pasti sangat sulit mengecap pendidikan yang bagus..

    ntar jaman si dedek SMP suruh bawa Ipad kali ya? ..:))

    ReplyDelete
  3. tar jamannya dedek SMP malah home schooling aja hehe

    ReplyDelete