Monday, November 28, 2011

Daun Ginseng

Makan martabak mie goreng memang enak banget di pagi hari. Biasanya aku mencampurnya dengan daun sawi dan cabe rawit, dicampur semua dengan telur lalu digoreng. Tapi sejak ada tanaman ini, aku merubah campuranku, daun sawi diganti dengan daun ginseng. Rasanya tidak ada yang berubah, cuma khasiatnya lebih bagus.

Daun ginseng biasa disebut daun Kolesom Jawa (Talinum Crassifolium), bentuknya lonjong dan berwarna hijau mengkilap, batangnyanya lembut hampir sama seperti daunnya. Tanaman perdu ini tumbuh menjalar dan memiliki tinggi sekitar 60 cm. Akarnya digunakan dalam anggur kolesom untuk meningkatkan vitalitas pria.

Mennurut artikel yang kubaca, daun ginseng kaya akan mineral dan protein, vitamin A, dan asam amino. Meski belum ada penelitian khusus, daun ginseng sejak dulu dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa kegunaannya adalah mengobati sakit maag, menyehatkan paru-paru, meningkatkan produksi ASI, menyembuhkan bisul, menyegarkan wajah yang letih, dan menambah nafsu makan.

Manfaatnya lumayan juga ya?.. bisa untuk mengobati maag, aku kan punya maag, plus menyegarkan wajah yang letih, wah bisa seger terus ntar wajahku nek makan daun ini. Dulu mah aku dapatnya dari ayahku waktu aku sowan ke rumahnya, beliau bilang daun ini bagus untuk kesehatan. Waktu itu ga tau manfaatnya apa, yang penting kalo buat kesehatan aku mau saja. Aku diberi satu pot berisi tanaman ini, ternyata mudah sekali perkembangbiakannya, tidak perlu kita repot-repot menanamnya satu-satu. Mereka akan tumbuh sendiri seperti semak. Pernah aku membabatnya habis karena terlihat berantakan, tapi tanaman ini malah tumbuh lagi, ya kebetulan deh jadi aku masih punya tumbuhan ini. Apalagi setelah tau khasiatnya, aku biarkan saja tumbuh sembarangan, kalo udah agak banyak tinggal aku ambil dan dibuat tumisan atau campuran mie tadi.

Oya, memasaknya jangan terlalu lama, soalnya diguyur air panas saja daun ginseng ini sudah layu, mendingan dilalap atau ditumis sebentar lalu segera di makan.

Yuk nanem daun ginseng.. :-)

*)udah lama ga beresin taneman..hiks..dah berantakan banget...

4 comments:

  1. Mau dunk Teeehhh..saya juga kan punya maag, bagi2 obat... :D

    ReplyDelete
  2. Hah?
    Gingseng bisa menyembuhkan bisul?

    Baru tahu saya..
    Terimakasih ya.

    ReplyDelete
  3. @Irly :
    nanem aja, Ir.. asli gampang banget, ga perlu dirawat banget juga tumbuh..

    @KP :
    bukan ginseng, tapi daun gingseng..berbeda ama ginseng china loh :)

    ReplyDelete
  4. belom pernah liat pohon ginseng
    padahal suka dapat kiriman ginseng dari taiwan..

    ReplyDelete