Wednesday, November 2, 2011

Goa Kreo

Goa Kreo adalah sebuah goa kecil yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijogo saat mencari kayu jati guna membangun Masjid Agung Demak. Ketika itu menurut legenda Sunan Kalijogo bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati tersebut. Kata "Kreo" berasal dari kata "Mangreho" yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut Goa Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu.

Sebenarnya ada sungai yang lumayan lebar di bawah jurang goa ini, tapi mungkin karena musim kemarau maka sungai itu mengering. Suasananya masih rimbun, keranya pun masih lumayan banyak. Tapi kera di sana sepertinya sedang kelaparan saat aku berkunjung, karena mereka ada yang berkumpul di lapangan parkir untuk mencari makan dari tong sampah atau pengunjung.

Kera di sana juga berani mendekati kita untuk mengambil makanan, anehnya mereka ini seperti mengerti kita makan apa atau minum apa. Mungkin karena primata ini memang paling mirip dengan fisik kita, po meneh menurut teori mas nDarwin kita ini berasal dari kera awalnya. Untung saja aku belum ada di jaman itu, mosok aku mo tlenji sih..?

Oya, kera di sini juga tidak senakal kera di Uluwatu sana, walaupun tetap saja aku takut. Kalian bisa membawa semacam kayu atau tongkat untuk menakuti mereka. Goa ini sepi dari pengunjung, hingga sarana yang di sana juga banyak sekali yang terbengkalai. Aku tidak menyarankan kalian main kemari karena mungkin kalian akan kecewa, tapi kalo penasaran ya silahkan saja... namanya juga berpetualang.. :-)

Entah akan bertahan atau tidak Goa Kreo ini, karena sepertinya sedang dibangun waduk pengendali banjir di sana. Begitu luasnya waduk sampai menyisakan sedikit lahan tempat goa ini berada, di sisi kanan dan kirinya sudah jurang yang dalam karena dikeduk untuk waduk. Jika kemudian waduk ini terisi air, apakah goa ini akan tetap mampu berdiri ya..?

Hasil foto bisa kalian liat di SINI...

Thank you...!

3 comments:

  1. makasih mas rumput :-)
    iya ini lagi iseng main ke sana, karena bingung mau kemana lagi di semarang ..hehehe

    ReplyDelete