Thursday, December 15, 2011

Ngurus e-KTP

Surat undangan untuk mengurus e-KTP sudah lama tergeletak di rak meja, tapi aku sama sekali enggan untuk memenuhi panggilan untuk mengurusnya. Dengar sana sini dari beberapa teman ngurus e-KTP belibet dan lama membuatku semakin tidak ingin datang ke kelurahan.

Sampai kemudian ada kabar bahwa jika tidak mengurusnya sampai akhir Desember maka akan lebih sulit lagi mengurusnya nanti, karena harus mulai dari nol, dalam arti harus mulai ngurus dari sejak pindahnya ke rumah itu, jadi ngurus surat pindah juga dari tempat tinggal sebelumnya. Itu aku dengar di radio pagi-pagi, jadilah aku segera mengajak akang untuk datang ke kelurahan untuk mengurus e-KTP.

Aku sudah mikir yang ngga-ngga, bakalan ngantri lama berjam-jam, bisa jadi ngurusnya sampe besok. Tapi dugaanku salah, aku datang siang tadi sekitar jam 11.45, ku pikir loket pengurusannya bakalan tutup karena sudah hampir masuk jam istirahat, ternyata kami tetap diterima juga oleh pengurus di sana. Tidak ada yang lain selain kami, dan mungkin karena dilihat hanya berdua kami segera dipersilahkan masuk. Ga ada 10 menit semuanya sudah beres...keren lah. Tapi ga tau jadinya kapan, keburu hepi karena ga ngantri sampe lupa nanya macem-macem... #pekok..

Seluruh proses dari foto dan sidik jari bisa kita lihat hasilnya di layar monitor, karena posisi monitornya sengaja miring agar kami bisa ikut melihatnya. Oya, kameranya keren deh, pake kamera Canon EOS 1100 (pernah jadi kontroversi karena terlalu mahal hanya untuk pasfoto saja) . Prosesnya sama dengan link di SINI, coba baca aja begitulah kira-kira. Untung saja kami ngurusnya pas di akhir-akhir, jadi ga ikutan senewen kayak kabar yang aku dengar dari teman-temanku itu.

Oya, ini ada sedikit notes dari rumah sebelah, lumayan buat baca-baca :-)
...........................
Sudahkah anda mengupgrade KTP lawas menjadi E-KTP?

Nah kalau belum, sebaiknya tetap simpan KTP lawas Anda untuk keperluan administrasi yang berkaitan dengan perbankan, pajak, perpanjangan passport, dan SIM serta hal-hal lain yang mempergunakan KTP lama sebagai rujukan pencatatan identitas.

Hal ini dikarenakan Anda akan memperoleh nomor identitas baru yang berbeda dengan nomor identitas pada KTP lama. Sistem penomoran baru ini tentunya tidak serta merta akan tercatat pada sistem pencatatan perbankan, pajak, imigrasi, kepolisian dan lain sebagainya yang mempergunakan KTP lama sebagai rujukan identitas.

Saran saya,
1. Fotocopy KTP lama dan Kartu Keluarga yang mencantumkan nomor KTP lama Anda untuk berjaga-jaga apabila diperlukan sebagai lampiran penggantian identitas
2. Segera konversikan identitas Anda di bank, kantor pajak, SAMSAT, polisi, imigrasi dsb, dengan identitas baru yang anda peroleh.
3. Tetap simpan KTP lama

Bagi yang sudah punya terlanjur punya e-KTP tapi tidak menyimpan KTP lamanya, sesegera mungkin ke kelurahan untuk meminta KTP lamanya (sebelum dimusnahkan). Apabila terlanjur dimusnahkan, mintalah surat keterangan dari kelurahan/kecamatan yang menyatakan perubahan nomor identitas Anda.
.............

7 comments:

  1. iya, setau aku prosesnya eKTP itu cepet banget, mungkin yang agak lama tu karena antrinya agak banyak, massal soalnya. kalo di tempat aku pelayanannya dari jam 7 pagi sampe setengah10 malem, jadi ga terlalu numpuk orangnya.
    infonya yang itu, bagus, thanks udah dishare ya Ay :-D

    ReplyDelete
  2. belum ngurus e-ktp... blum ada undangannya juga :(
    tapi kalau dengar ceritanya, malasin banget deh kayaknya.

    ReplyDelete
  3. aku antri E-KTP dari jam 6pagi & baru kelar jam setengah 11 karena nomer antrian aku 109,tapi overall memang cepet tapi dari segi keramah tamahan pns yang berwenang kaya kurang deh

    ReplyDelete
  4. saya udah ngurus.
    dan sudah selesai septeember kemarin :D

    ReplyDelete
  5. Saya sudah dapat undangan 26 Oktober 2011 kemudian ada pengumuman pembatalan sampai pemberitahuan selanjutnya. Sampai saat ini pemberitahuan lebih lanjut belum ada.

    Menurut saya pembuatan eKTP ini lama karena butuh waktu 4 bulan. Di Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, kawan saya bikin KTP manual saja 2 jam selesai. Masa yang eKTP sampai 4 bulan?

    ReplyDelete
  6. yah baru mau ngincer eos1100 udah dibilang terlalu mahal..?

    ReplyDelete