Tuesday, January 31, 2012

Foto Gigi

Terakhir foto gigi masih pake cara jadul yang menggunakan semacam klise negatif tebal yang dimasukan ke dalam mulut dan ditahan diantara gigi dan gusi, lalu ditembak sinar dari samping, dan menghasilkan foto gigi dengan ukuran yang kecil. Jadi satu gigi satu klise. Kadang klise negatif plastik ini bikin sakit gusi karena ujungnya yang lancip, jadi nusuk-nusuk gusi dan makin sakit karena harus menahannya beberapa lama.

Sekarang ternyata udah lebih canggih, pake alat yang namanya Orthopantomograph, semacam alat foto 2D khusus gigi, disebut juga panoramic, mungkin karena fotonya mengitari seluruh kepala kita. Hasilnya seperti foto di bawah ini, tengkorak dan gigi terlihat lengkap semua. Kita hanya perlu berdiri di tengah alatnya sambil menggigit tuas untuk menahan dagu, lalu alat itu akan bergerak sendiri mengelilingi kepala kita untuk mengambil gambar gigi dan gusi.

Sebelum di foto panoramic ini aku diharuskan melepas semua metal yang ada dibagian kepala, termasuk anting, kalung, pokoknya jangan ada metal. Waktu itu aku mengenakan kaos polo yang berkerah, ternyata hasilnya malah menghalangi foto gigi, terpaksa harus diulang lagi saat itu, kerah kaos di lipat ke dalam. Dua kali foto dah waktu itu :-)


Waktu jaman jadul dengan klise biasa, dokter menggunakannya untuk melihat posisi gigi yang akan dioperasi kecil (diangkat) yaitu gigi bungsu dan geraham di sampingnya. Sekali operasi angkat dua gigi...blahh.. :(

Dan untuk foto panoramic sekarang, ntah apa akan diangkat atau tidak, tinggal tunggu ultimatum uwak dokter nih... kalo iyah, hmmm.. welcome to grandma club deh..hehehe.. eniwei, gigiku aneh gitu yah?

Duh mumet .. tidur ah, nulis dikit aja keleyengan ... (~_~")

.....

11 comments:

  1. Kalau ada kelompok manusia paling mengerikan didunia adalah, dokter gigi. ihhhh takuuuut :((

    **mbak templatenya boleh di culik atuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokter gigi itu dibenci tapi di cari...hhhh.. :((

      *templateeeeeeeeeeeeeeee...*

      Delete
  2. aduh kagak lagi mau ke dokter gigi soalnya aku takut sama dokter gigi terutama alat perang'a,hehehe
    mending disuruh lari di GBK 2 kali deh dr pada ke dokter gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama.. apa mending ga usah punya gigi sekalian yak biar ga perlu ke dokter gigi...hihihi :P

      Delete
  3. Hmm..seumur-umur belum pernah foto2 gigi..mudah2an nggak deh..bukan takut..tapi..tapi kalo mesti foto kan berarti ada yang kenapa2..kan gag mau kenapa-kenapa.. *komen ngegantung banget -_-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. :-)) kekuatan gigi seseorang berbeda-beda, kadang kita rajin sikat gigi pun tetap saja suka ada masalah..

      semoga tidaklah..:D

      Delete
  4. aku paling suka dong kalo pergi ke dokter gigi, tapi bukannya mau periksa, cuman nganterin doang sih :-P itu lho...liat peralatan praktek yang super kinclong trus kayanya canggih2 gitu bener2 bikin aku nggumun #sumpah deh ndesoo :-D

    eniwei, masi sakit to mbok? missyupul :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya kau jadi dokter gigi pitz... pasti gumunmu ilang :))

      eniwei, ho oh masih tepar ..hehehe
      misyutuh..
      kapan tuh pernah nyapa kau di YM, ternyata yang jawab bojomu..hihihi.. tak kiro sopo :D
      oya, YMku lagi error, ra iso online.. jadi kau bisa cari aku di gtalk aja say..ato twitter..

      Delete
    2. gyahahaha...pernah salah sambung to, kok dia ga pernah crita ya ke aku #pasangmukacuriga hayoo dirimuh ngobrol apa aja? #eh? hahaha

      Delete
    3. er ha es dwwoong...ya ga, massss...
      *kemayu..* wkwkwwkwkwk..

      gini katanya :
      "maaf saya suaminya, orangnya (pitz) udah tidur.."
      padahal itu masih jam 8 malem...ck.ck.ck.ck..
      sore be-eng dah..:))

      Delete
  5. ke dokter gigi cabut gigi rasa'a skt sekali deh,...semoga ini yg pertema dan terakhir hrs cabut gigi...

    ReplyDelete