Wednesday, March 28, 2012

Ngulek Bumbu

Alhamdulillah sakitku sudah agak berkurang walopun nyerinya masih kadang datang dan pergi, tapi tubuhku masih lemah hingga tidak sanggup bergerak banyak. Tapi diusahakan untuk tetap membuat makanan yang serba bening yang tinggal asal nyemplung aja. Masalahnya adalah, si akang ga suka ama sayur bening, dia tipikal orang yang lidahnya terlalu sensi, kalo asin ya harus asin, kalo manis ya harus manis. Rasa itu harus tegas, katanya.

Jadi mau ga mau harus masak dua jenis sayur untuknya juga, dan kemarin dia ingin makan balado terong. Kubilang aku ga kuat kalo harus ngulek bumbunya, dan akhirnya dia bersedia melakukannya. Dan inilah si akang sedang ngulek bumbu, 'koq susah ya..?..' katanya sambil menumbuk-numbuk, bukan diulek tapi ditumbuk. Sebentar-sebentar berhenti karena sambil mainan hape. Gimana ga makin lama nguleknya coba..? Tapi akhirnya selesai juga dia ngulek bumbu balado, dan matanya terlihat berair karena ga kuat dengan aroma bawangnya.. :-)

'Aku koq ga bisa masak ya..? paling banter cuma bisa goreng telor ama bikin ngindongmie..' aku cuma nyengir waktu dia bilang gitu, 'bukannya ga bisa, tapi ga mau bisa dan ga minat untuk belajar masak. Sama seperti aku yang ga bisa bikin program, karena aku ga minat dan ga mau belajar untuk bisa pemrograman..' sahutku. Dia cuma mesem, lalu duduk di lantai menungguku menyelesaikan masakanku sambil melanjutkan main hape.

Sangat tumben dia mau melakukan ini, dia biasanya cuek aja kalo aku di dapur. Kalo kutanya mau makan apa jawabannya cuma 'terserah'. Padahal justru terserah itu yang bikin bingung, masalahnya kalo udah masak terus ga dimakan kan mubazir jadinya.

Well, ada hikmahnya juga aku sakit, dia jadi lebih dekat denganku saat ini... :-)
*peyuk akang...*

13 comments:

  1. napa bumbunya gak di blender aja mbak..??(ya emang lebih enak ngulek sih..cuma kalo pas sakit, ya diblender aja)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumbunya cuma bikin dikit koq...
      lagian kl diblender capek bersihin blendernya ntar..
      aku kan blom bisa banyak gerak :)

      Delete
  2. manis banget sih mbak Ay... huhuhu "))

    ReplyDelete
    Replies
    1. baladonya emang manis koq..hehehe.. :)
      tengkiuh hon...

      Delete
  3. Replies
    1. hehehe...hayuk atuh kapan mentasnya :D

      Delete
  4. gara2 kangen Ay, aku balik nulis lagi :-D get well soon yahh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiiikkkk... *peyuuukk*..
      kangen jugaaa beraatttttt...

      maaciihh :-*

      Delete
  5. Jadi pengen punya akang juga :)

    *curcol*

    ReplyDelete
  6. aku sih kalau ngulek lumayan bisa, marut kelapa juga bisa. maklum anak desa sejak kecil suka disuruh bantu ngulek dan marut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kang kombor kayak ayah mertuaku,
      beliau juga udah biasa mengerjakan pekerjaan wanita :)

      Delete