Monday, April 30, 2012

Sentilan

Di minggu pagi sebuah pesan datang beruntun di hapeku, pesan dari seorang teman yang bercerita tentang kejadian yang dialami. Aku tadinya ga ngeh, tapi pas liat hape penuh ama tulisan dia seperti cerpen saja. Kubaca satu-satu dan menyimpulkan bahwa temanku ini mengalami kejadian yang belum pernah dia alami sebelumnya.

Dia bercerita bahwa dia baru saja menginap di rumah temannya, dan sangat kaget saat tahu rumah temannya itu ternyata hanya rumah petak kecil memanjang yang dihuni oleh 3 orang, ayah, ibu dan temannya itu. Rumah yang kecil itu disekat-sekat menjadi 4 ruangan.  Ruang depan, kamar, kamar mandi dan dapur. Setiap mau ke kamar mandi harus melewati ruang tidur di tengah tadi, kamar mandinya pun hanya berukuran 1X1 meter saja.

Temanku ini shock karena kaget, soalnya dia ga nyangka sahabatnya itu tinggal di tempat kecil seperti ini, katanya sepanjang malam dia ga bisa tidur karena rasa kasihan menderanya selama menginap di sana. Tapi karena si empunya rumah orangnya santai, jadi cuek aja dan ga minder sama sekali punya rumah seperti itu. Aku bilang, "ya bagus dong, itu artinya rasa percaya diri dia tinggi.." ..temanku lalu bilang, "iya sih bagus, cuma akunya aja yang sekarang ga berani mandang wajah dia, soalnya kalo liat wajah dia aku jadi kasian banget sampe sedih rasanya.."

Aku cuma ngasih ikon senyum saat itu, dan bilang ama dia jangan sampai temannya itu menyadari kalo temanku mengasihani kehidupan temannya itu, "kan kasian, ntar disangkanya kamu ga suka menginap di sana.." , temanku menyahut, "iya sih, ini juga lagi berusaha biasa, ga enak juga rasanya.."

Lalu aku bercerita padanya, bahwa ada saudaraku yang kehidupannya juga ga beda jauh dengan mereka, rumahnya kecil dan semua barang numpuk di sana jadi satu. Kalo buka kasur saja sudah sulit untuk berjalan, semua serba sempit. Dan kalo temannya lebih dari satu, maka salah satu penghuni rumah harus keluar biar muat di orang di dalamnya.

Masih banyak kehidupan yang tidak kita ketahui, kehidupan seperti yang di atas contohnya.  Kehidupan memang berat bagi sebagian orang, dan yang lebih menjadikan mereka hebat adalah, mereka masih tetap terus berusaha dan tersenyum menatap dunia, seperti kata temanku. Bahwa temannya itu adalah orang yang ceria, tidak minderan dan selalu optimis.

Ketika aku tanya ke temanku, apa dia merasa sangat bersyukur sekarang..? dia jawab, "sangat..!" itulah hikmah yang dapat kita petik dari berbagai kehidupan yang kita lihat. Melihat ke atas terus akan membuat hati seseorang kebal, hatinya menjadi beku dan kasar. Tidak perlu marah-marah jika ada pengamen atau pengemis datang, kalau ga punya uang ya sudah ga usah kasih, atau kalo ga mau ngasih ya sudah ga usah ngomel. Mencoba menempatkan diri kita di sepatu orang mungkin bisa membuat orang lebih bijaksana dalam bertindak. Setiap sentilan selalu datang dari arah yang tidak terduga, jadi jangan pernah meremehkan orang bagaimana pun keadaannya.

Lalu temanku menambahkan, "kau tahu? ayahnya temanku itu bangun jam 4 pagi, terus mandi dan sholat subuh..." ..lihat, dalam kondisi seperti itupun mereka tetap rajin beribadah, lalu bagaimana dengan kita..?

*jewer kuping sendiri..*


.............................................................................
embunpagi2023 wrote on Apr 30
° • · ♥·♡ τнäиκ чöü ♥·♡ · • ° Ay
Pengingat yang indah
aysicemutz wrote on Apr 30
sami-sami...pengingatku juga :-)
rudal2008 wrote on Apr 30
Menarik sekali ceritanya mba. Sukses selalu ya mba and ditunggu cerita selanjutnya.
aysicemutz wrote on May 1
rudal2008 said
Menarik sekali ceritanya mba. Sukses selalu ya mba and ditunggu cerita selanjutnya.
makasih mas.. :-)
rokunco wrote on May 1
+ sentilun = semangkaaaaa !!!!
aysicemutz wrote on May 1
rokunco said
+ sentilun = semangkaaaaa !!!!
melooooonnnn...!! :P
moestoain wrote on May 1
ujian orang miskin adalah kaya.
aysicemutz wrote on May 1
moestoain said
ujian orang miskin adalah kaya.
kalo ujian orang kaya..? :-)
moestoain wrote on May 1
kalo ujian orang kaya..? :-)
Ujiannya orang kaya adalah sedekah
aysicemutz wrote on May 1
moestoain said
Ujiannya orang kaya adalah sedekah
he em.. kadang kalo orang dah punya uang suka susah ngeluarinnya..
padahal tidak ada orang yang akan jatuh miskin hanya karena bersedekah.. :-)

makasih mas..
poedjie wrote on May 1
karena itu kita harus saling mengasihi dan berbagi :)
aysicemutz wrote on May 1
poedjie said
karena itu kita harus saling mengasihi dan berbagi :)
yep...tul :-)
have nice day ya, eka...
poedjie wrote on May 1
have nice day ya, eka...
have a nice day too :)
25102004 wrote on May 1
Kehidupan memang berat bagi sebagian orang, dan yang lebih menjadikan mereka hebat adalah, mereka masih tetap terus berusaha dan tersenyum menatap dunia,
bersyukur dan terus tetap bersyukur....
aysicemutz wrote on May 1
25102004 said
bersyukur dan terus tetap bersyukur....
alhamdulillah.. :-)
met kerja kak..
25102004 wrote on May 1
alhamdulillah.. :-)
met kerja kak..
terima kasih dik...tadi pagi jam 5 udah cuci2 pakaian
Alhamdulillah masih diberikan kesehatan dan masih bisa cuci2
aysicemutz wrote on May 1
25102004 said
terima kasih dik...tadi pagi jam 5 udah cuci2 pakaian
Alhamdulillah masih diberikan kesehatan dan masih bisa cuci2
rajinnya kakakku yang satu ini .. :-)
aku mah lagi lemes kak..tau nih.. payah..hehehe
25102004 wrote on May 1
aku mah lagi lemes kak..tau nih.. payah..hehehe
sementara istirahat aja dulu dik...sampai bener2 sehat jangan memaksa diri ya,,,
aysicemutz wrote on May 1
25102004 said
sementara istirahat aja dulu dik...sampai bener2 sehat jangan memaksa diri ya,,,
okay kak.. thx ya :-)
aku lanjut dulu.. met kerjaaaa....*peyuk*
25102004 wrote on May 1
okay kak.. thx ya :-)
aku lanjut dulu.. met kerjaaaa....*peyuk*
maturnuwun...
oh ya...jangan lupa ma'em lho kalau bisa yang banyak
aysicemutz wrote on May 1
25102004 said
maturnuwun...
oh ya...jangan lupa ma'em lho kalau bisa yang banyak
seep...thanks
poedjie wrote on May 1
25102004 said
tadi pagi jam 5 udah cuci2 pakaian
aku jam 5 lebih dah harus jalan kalo ga mau ketinggalan jemputan :)
25102004 wrote on May 1
poedjie said
aku jam 5 lebih dah harus jalan kalo ga mau ketinggalan jemputan :)
ok...adikku kita sama2 dikejar-kejar waktu ya
kalau pagi hari pengin rasanya aku punya tangan2 pasang lagi dik
satu untuk nyuci2, satu untuk ngrumat si nduk yg mau berangkat, satunya untuk resik2...enak kali ya
moestoain wrote on May 1
Ngeh sami sami bukk

No comments:

Post a Comment