Sunday, May 6, 2012

Prosedur Endoskopi

Tiga hari yang lalu aku menjalani prosedur endoskopi, apa itu endoskopi..? Silahkan baca di SINI karena kalo nerangin sambil jelasin suka kepanjangan dan lama, jadi aku hanya akan menerangkan prosesnya saja, sekedar berbagi informasi.

Sehari sebelumnya janji dengan dokter bahwa endoskopi akan dilaksanakan pukul 5 sore, dan aku sudah di rumah sakit sekitar kurang dari pukul 4 sore, karena harus mengurus semua administrasinya. Oya, paginya aku ditelpon oleh rumah sakit untuk memastikan apakah benar aku akan menjalani endoskopi sore itu. Mungkin mau mempersiapkan alatnya.

Masuk ke ruang steril aku disuruh buka baju, dan melepaskan semua atribut metal yang ada ditubuhku. Hampir sama seperti dalam proses operasi, cuma aku tidak disuruh membuka dalaman, hanya baju atas  saja. Lalu mengenakan baju operasi berwarna biru dan seorang suster memasang infus di tangan kananku, karena uratnya ga ketemu, terpaksa tusuk dua kali, sakit banget rasanya .. :(

Lalu dokter yang akan melakukan endoskopi menyuruhku tiduran dalam posisi miring ke kiri, dan meletakan celemek plastik biar ilernya ga kemana-mana, lalu menyemprotkan cairan ke dalam rongga mulut, katanya biar ba'al (kaku/kebal), rasanya semriwing. Setelah itu dokter anastesi mulai memasukan obat bius ke dalam selang infus bersamaan sebuah tube berbahan plastik dimasukan ke mulutku hingga posisi mulut dalam keadaan terbuka. Ga lama kemudian aku hilang, terbius sempurna. Bangun-bangun sudah diruang observasi bersama dua orang lain yang melakukan endoskopi juga.

Dokter datang saat semua pasien sudah dalam keadaan sadar, dan menerangkan apa saja yang terjadi dan kenapa serta bagaimana, aku mendengarkan saja saat dokter menerangkan kepada pasien lain, terakhir pas giliranku, ternyata ada luka di saluran pencernaanku seperti coak kecil, juga ada luka di lambungku, jadi ada dua luka di pencernaanku. Memang keliatannya biasa, tapi kalo pas kambuh rasanya sakit sekali. Pantas saja aku sering sesak nafas.. hadeeuuhhh.. oya, katanya dilakukan biopsi untuk melihat ada virus tidak di perutku, jadi mengambil sedikit jaringan dari sana. Dan seminggu lagi aku harus kontrol ke sana... intinya, dokternya menyuruhku makan lebih sering dengan porsi yang kecil-kecil, tidak perlu bubur, hanya sering saja, minimal 6 kali sehari....weleh, bisa ndut aku nih, kacoww..


Ok, begitulah adanya.. thx for reading :-)

Keterangan :
Endoskopi di Rumah Sakit MMC Jakarta Selatan
Dokter yang menangani (operator) : Dr. Dadang Makmun
Dokter anastesi : Dr. Kristanto
Waktu yang dibutuhkan : 15-30 menit
Biaya endoskopi kurang lebih sekitar Rp. 5.000.000,- (tidak termasuk rawat inap)

PS :
itulah gunanya punya asuransi jiwa, jadi tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk biaya operasi dan dirawat di RS, bisa bangkrut dah...

Jakarta, 04 Mei 2012

..................................................................
gambarpacul wrote on May 7
30 menit 5 juta?
aysicemutz wrote on May 7
30 menit 5 juta?
he em...gile kan?
sahabatry wrote on May 7
Makasih sharenya ya mbak, jadi makin tau nih ttg prosesnya..
Wow, ternyata muahal ya dan belum trm rawat inap juga ..

*biusnya total gitu ya mbak ?? pas sadar, ada rasa mual gak ??
aysicemutz wrote on May 7
sahabatry said
Makasih sharenya ya mbak, jadi makin tau nih ttg prosesnya..
Wow, ternyata muahal ya dan belum trm rawat inap juga ..

*biusnya total gitu ya mbak ?? pas sadar, ada rasa mual gak ??
emang mahal euy, untung aja punya asuransi jiwa..
biusnya total, en pas sadar ga terlalu pusing koq..
biasa aja kayak abis bangun tidur.. hehehe..ga mual..

beda kalo ama operasi, itu bikin keleyengan kayak mabok dan mual..
sahabatry wrote on May 7
emang mahal euy, untung aja punya asuransi jiwa..
biusnya total, en pas sadar ga terlalu pusing koq..
biasa aja kayak abis bangun tidur.. hehehe..ga mual..

beda kalo ama operasi, itu bikin keleyengan kayak mabok dan mual..
Waktu itu aku pernah dibius total, udahannya pusing dikit...
gak mau-mau lagi deh ke ruang operasi dan sejenisnya

**smoga mbak Ay sehat selalu ya**
aysicemutz wrote on May 7
sahabatry said
Waktu itu aku pernah dibius total, udahannya pusing dikit...
gak mau-mau lagi deh ke ruang operasi dan sejenisnya

**smoga mbak Ay sehat selalu ya**
aminn...:-) emang ga enak kalo sakit..
semoga kesehatan selalu bersama dirimu, diriku dan keluarga serta sahabat...amin..
sahabatry wrote on May 8
aminn...:-) emang ga enak kalo sakit..
semoga kesehatan selalu bersama dirimu, diriku dan keluarga serta sahabat...amin..
Aamiin :)

#teriring doa untuk mbakku smoga cepat pulih ya
aysicemutz wrote on May 8
sahabatry said
Aamiin :)

#teriring doa untuk mbakku smoga cepat pulih ya
makasih cintaahhhh....:-)
sahabatry wrote on May 8
makasih cintaahhhh....:-)
getek ih dibilang cintaaaaaahh....

hahahahha
aysicemutz wrote on May 8
sahabatry said
getek ih dibilang cintaaaaaahh....

hahahahha
berasa lebay banget ya...hahahaha..
jarang banget padahal aku ngomong gituh...:-))
sahabatry wrote on May 8
berasa lebay banget ya...hahahaha..
jarang banget padahal aku ngomong gituh...:-))
kalo "ciiiin" doank malah bagus....lha ini pake cintaahhh....
hahahahhahha

#dibahas
aysicemutz wrote on May 8
sahabatry said
kalo "ciiiin" doank malah bagus....lha ini pake cintaahhh....
hahahahhahha

#dibahas
ciiint juga jarang aku pake koq..
palingan 'say'..itu dah mentok...hehehe..

*malah dilanjut..* :-))
sahabatry wrote on May 8
ciiint juga jarang aku pake koq..
palingan 'say'..itu dah mentok...hehehe..

*malah dilanjut..* :-))
kalo aku sih prefer "ciin atau say" itu....lebih humanis...

*malah bersambung
rokunco wrote on May 8
duh gw jd keinget serupa so no more deh...

skt emang ga terduga mhl lg bener bngt kalo sebs mngkn punya asuransi.
..

timggal recovery sebuah ujian tersendiri smoga lulus yahh.
aysicemutz wrote on May 8
he em mas..:-)
sekarang ini harus mulai disiplin ama tubuh sendiri..
yg ngerasain ga enaknya kita sendiri soalnya..

makasih mas.. (^_^)

24 comments:

  1. aku sembilan taon yang lalu pernah endoskopi juga say, di RSI Bandung...tapi kayanya ga sebanyak itu biayanya, mungkin karena tarif mahasiswa kali ya? hehe...
    eniwei, aku selalu berdoa, kesembuhan dan kesehatan untukmu, semoga selalu yang terbaik :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wong aku denger orang adminitrasi jelasin biayanya aja udah melotot. Untung ada kartu asuransi itu, kalo ngga nyesek banget dah, bisa makin sesak napas ntar...:D

      makasih doanya say...*peyuk*

      Delete
    2. yang dipake asuransi apa mba untuk cover segitu?

      Delete
  2. Dulu aku ikutan nganter masuk ke ruangan, kalo alm ibuku dulu kolonoskopi (dari dubur) tapi dulu ibukku gak dibius tuh....malah diajakin ngomong ama dokternya tau tau alatnya dah masuk kedalam usus besar. Tapi Allah berkehendak lain dan lebih sayang ama Ibuku :( Manusia berusaha , keputusan final Allah yg menentukan :), semoga cepat smebuh mbak ...

    ps: lain kali kalo nulis di blog jgn yg masa lalu dong....bawaanya khan melow terus,,,,,yg lalu biarlah berlalu sekarang dan masa akan datang itu yg harus dipikirkan....oke..mbak....tetap semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih nuks :-)
      ibu udah tenang sekarang, ga perlu merasa sakit lagi..

      PS :
      aku biasanya nulis apa yang terlintas aja, mau masa lalu atau pun sekarang atau pun cuma sebaris, semuanya kutulis. Masalahnya kalo udah nulis rasanya jadi lega.. :-)
      ntar kalo judulnya melow jangan dibaca ya nuks, biar kau ga ikutan galau kayak aku...kekekeke...

      Delete
  3. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    apapun yang bisa kita lakukan lakukanlah sekarang .,.
    jangan buang waktu kamu sia2.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete
  4. sebenernya sakit apa siyh mbak?? aku baca kok kurang paham yakk?? hihihi

    ReplyDelete
  5. mbak Ayyy cepat sembuh! ndak ngertilah sy soal gini2an... hihi
    pasien bisa narsis juga tho, hihi

    *peyuk*

    ReplyDelete
  6. Semoga segera sembuh dan sehat kembali ya Mbak...amin...

    ReplyDelete
  7. Salam kenal Mbak Ay, Saya Maya dari Bali. saya lagi ngalemin asam lambung kronis sudah hampir 2bulan minum obat dokter blm ada perubahan juga, trus dokter menyarankan untuk endoskopi. Saya agak2 takut mbak, saya searching ttg endoskopi akhirnya ketemu blog nya mba ay deh. Yang saya mau tanyakan stelah di endoskopi dan dilakukan tindakan sesuai sakit yg udh diliat melalui endoskopi, apa mba ay sudah sembuh total skrg? atau masih suka kumat?? saya mau coba beranikan diri untuk endoskopi, penasaran juga kira2 kenapa lambung nya sampai sakit gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Maya :)

      Ga usah takut ama yang namanya endoskopi, asli sama sekali ga sakit koq, malah sebenarnya bisa langsung pulang hari itu juga kalo efek biusnya sudah hilang :)

      Obat akan diberikan menurut besar kecilnya luka yang ada dilambung kita. Kalo lukanya besar kayak aku (bahkan aku lukanya ada 2) maka pengobatannya lumayan lama, tergantung kondisi fisik kita juga. Kalo fisik kita bagus sembuhnya akan cepat.

      Dulu aku diprediksi dokter, diperkirakan 3-4 bulan sembuhnya, tapi rupanya molor sampe 6 bulan, dan sekarang memasuki bulan ke-6 terakhir aku minum obat. Baru saja kemarin diberikan obat lagi untuk sebulan, setelahnya sudah ga minum obat lagi.

      Kalo luka kamu kecil, bisa jadi 3 bulan sudah sembuh. Penyakit maag sebenarnya akan kambuh kalo pola hidup kita ga teratur, jadi sepanjang kita hidup dengan baik, insyaalloh ga akan kumat lagi :) tinggal menjaga aja..

      Silahkan diendoskopi, ga usah takut ya? setidaknya kita bisa tahu apa penyebab ulu hati jadi sakit. Cepet sembuh ya Maya..

      Delete
  8. Mba, klo endoskopinya dicover asuransi, brarti ada diagnosa penyakitnya ya? Apakah klo endoskopinya inisiatif sendiri, bukan dipicu oleh adanya keluhan/penyakit, dicover asuransi juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kurang tahu kalo soal itu, tapi biasanya kan kita sakit dulu baru kemudian dokter mengeluarkan tindakan medis terhadap diri kita.

      asuransi juga peraturannya beragam, ada yang ga dicover kalo hanya tindakan simple seperti ini, ada juga yang dicover tapi harus nginap dulu di RSnya.

      mendingan baca dulu peraturan asuransi yang mbak Tami pakai, takutnya kalo ga dicover kan terlalu mahal bayarnya :)

      Tapi kayanya mbak sehat kan..? kenapa mau di endoskopi?

      Delete
    2. Iya, alhamdulillah saya sehat. Pingin liat kondisi usus n lambung, utk pencegahan aja...
      Oks deh, trima kasih atas sharing dan responnya ya, Mba. Semoga Mba Ay sehat selalu...

      Delete
  9. Apa kabar mbak? Salam kenal. Semoga sudah sehat walafiat sekarang yah.
    Mbak aku sering nyeri2 di bagian perut/ ulu hati, dan kadang di kanan kiri sejajar dengan ulu hati.... nyerinya gak terlalu intens sih, cuma cukup mengganggu. udah ke internis dikasih obatnya itu2 aja OMZ terus polysilen, dan ada lagi (lupa namanya).
    udah cukup lama 1 - 2 bulan cuma belum berani endoskopi dan internisnya juga belum nyuruh, masih disuruh minum obat aja.
    Pertanyaan ku, dulu gejalanya apa aja mbak? dan setelah endoskopi disuruh minum obat apa? Makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gejalanya sama dengan yang kamu rasakan, nyeri ulu hati dan kadang di samping kanan dan kiri sejajar dengan ulu hati. Mungkin lebih baik kalo kamu minta saran ama internisnya, apa perlu diendoskopi.

      Dulu aku telat datang ke internis, setelah ga bisa jalan baru ke sana, jadi sebelum makin parah mendingan segera aja ya? :)

      Setelah endoskopi dikasih obat dengan ramuan apotik, jadi diracik disana, ga terjual bebas gitu obatnya.

      Eniwei, ga usah takut untuk endoskopi, yakin deh ga bakalan sakit, justru sakitnya cuma pas dimasukin infus di tangan aja, selebihnya biasa aja koq.. :)

      Ok mas Andre, lekas sembuh ya..

      Delete
    2. salam kenal mb Ay,mau nanya apakah selama masa pengobatan masih tiap hari merasakan sakit diulu hati ? karena pengobatannya kok sangat lama sekali

      Delete
    3. benar, masih sakit setiap harinya...memang harus bersabar dengan penyakit semacam maag kronis begini :) semuanya bertahap...endoskopi bukanlah untuk penyembuhan, tapi untuk melihat apakah ada luka di saluran pencernaan atau lambung kita. Dari hasil endoskopi, barulah diracik obat yang sesuai dengan luka tersebut.

      Oya, taati juga pantangan untuk penyakit ini ya..? :)

      Delete
  10. Thanks infonya ya mbak,saya rencana mau endoscopi krn belakangan lambung saya mulai menganggu udah mulai sesak nafas..setelah saya tau endoscopi nggak sakit berani deh hehe,moga cpt sembuh ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maag itu ga bisa sembuh, cuma bisa dihindari saja. Jika pola makan bener, taat sama pantangan, maka akan sangat jarang terkena maag. Kalo pantangan dah dilakoni tapi masih sakit, pasti karena kita sedang stres.. :D karena stres bisa juga bikin maag kumat.. jaga diri baik2 ya mbak Vi. Gutlak ama endoskopinya.

      Oya, itu endoskopi tahun 2012..dah 2 tahun lalu :)

      Delete
  11. maaf mbak, dulu dikasih obat apaan ya sama dokter ? saya udah hampir setahun asam lambung tapi gk sembug2 sampe sekarang ......

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Mbak saya mau nanya.. Cewek saya didiagnosa katanya harus di potong usus 12 jarinya sekitar 10 cm terus disambung kembali.. Apakah dgn diendoskopi tdk sampe harus dilakukan pemotongan??? Mksh atas jwbannya

    ReplyDelete