Thursday, September 13, 2012

Halal Bihalal

Ntah darimana sebenarnya asal usul halal bihalal aku juga ga begitu ngerti, dalam hadits juga sepertinya tidak ada yang menyebutkan tentang ini. Tapi di Indonesia tradisi ini sudah ada sejak lama dan masih terjadi sampai sekarang dan seterusnya mungkin. Pernah sih aku baca artikel, katanya halal bihalal awalnya dari pertemuan antara Mantan Presiden Soekarno dengan Buya Hamka setelah lebaran, dan beliau beliau mengatakan bahwa pertemuan itu adalah halal bihalal, maka terjadilah tradisi ini.

Tidak jauh dengan semua orang, sama juga yang terjadi di tempat aku berguru, biasanya pelajaran akan selesai dalam 2 jam tapi karena hari ini adalah hari pertama berguru kembali, maka semua ibu-ibu sudah mempersiapkan segala macam makanan dan minuman yang sudah tersedia di meja. Guruku juga maklum dan mempercepat mengajarnya, apalagi wangi ikan asin sudah tercium ke seluruh ruangan hingga menjadi gurauan guruku.

Hari ini rasanya perut kembung banget padahal aku tidak menyentuh nasi sedikit pun, aku hanya mengambil lauk pauk serta beragam kue dan puding, apalagi beberapa teman yang mudik juga membawa makanan dari kampung halaman mereka hingga yang tersaji berlebih.

Sebelum pulang menyempatkan bernarsis ria pun membawa sebagian sisa makan yang masih banyak tersisa. Ah, emak-emak dimanapun sama saja, ga bisa liat makanan sisa, pun ga bisa liat kamera nganggur.. :-)

Kangen juga dengan teman-temanku ini, sudah ampir sebulan lebih kami tidak bertemu, biar dikata udah berumur, tetap saja kelakuan kadang seperti anak kecil...ceriwis banget.. :D

Jakarta, 06/09/2012

8 comments:

  1. Replies
    1. ngga koq, semuanya teman seperguruan pengajian aja..

      Delete
  2. boleh dong makanannya dikirim ke makassar :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mana alamatnya :D ku kirim via email ya? hehehe

      Delete
  3. Halal bihalal emang selalu ditunggu Mbak, apalagi di moment lebaran gini....hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis diet pas ramadan bisa melar lagi dah...:D

      Delete