Saturday, October 20, 2012

Marah

Rasanya ga enak banget marah-marah pada orang yang kita sayangi, tapi jika tidak diungkapkan, kemarahan itu akan terus mengeram di dalam hati, hingga hati menjadi biru membatu, dan bikin rusak sistem jaringan di dalam tubuh kita, termasuk bisa bikin jantungan karena stres. Mengungkapkannya adalah kesulitan tersendiri, di sisi lain kita sedang kesal dengannya, di sisi lain lagi karena kita sayang padanya jadi rasanya ga tega marah-marah dengan dia. Itulah dilema kalo marah dengan orang yang kita sayang..

Sebenarnya bisa di rem dan menjelaskan satu persatu duduk persoalannya, dan itu pernah dilakukan, namun jika kembali berulang rasanya jadi kesal sendiri. Bukan salahnya mungkin, karena bisa jadi itu sudah bawaan dia, hingga sulit untuk berubah. Tapi ingin merubah sedikit saja kebiasaan yang tidak baik masa harus berdiam diri, kan harus diungkapkan juga.

Memang benar manusia itu egois, termasuk aku. Karena merasa telah memperlakukan orang dengan baik, aku pun berharap diperlakukan dengan baik. Selalu ingin timbal balik dalam hal apapun itu, selalu saja ada pamrih. Padahal tidak bisa selamanya demikian, karena setiap orang mempunyai sifatnya sendiri-sendiri. Bisa jadi aku pun termasuk orang yang menyebalkan bagi orang lain, kita kan tidak tahu pendapat mereka secara pribadi kepada kita, bisa negatif bisa positif.

Jadi intinya gimana..? Intinya mungkin berusaha meredam kemarahan yang ada, dengan menyadari bahwa sifat manusia memang berbeda, coba bayangin jika sifat orang sama semua, hidupkan jadi tidak berwarna bukan...? ga ada asiknya. Hhh...mungkin memang benar aku terlalu sensi, anger management yang aku terapkan tetap saja tidak berhasil.. aku memang payah koq..

Eniwei, kemana hujanku ya..? mendung udah, geluduk udah, hujannya mana..?

# foto property temen

10 comments:

  1. jadi inget kata2 ini
    berharap diperlakukan dg baik hny krn kita berbuat baik sm aja spt berharap gak disruduk banteng krn pke baju warna ijo, xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. koq ijo sih, En..? ijo bukannya buat pantai selatan nyi loro kidul ya? :D
      banteng kan merah...hehehe

      Delete
    2. ternyata ijo dan merah, sekarang ada juga biru, selalu ada yang menganggap sebagai pantangan to? jadi, ahh mending putih aja lah, hehe

      Delete
    3. aku milih item deh, kelam, pekat dan penuh misteri...taelaa.. :D

      Delete
    4. Kalo aku mejikuhibiniu aja aaaahh...

      Delete
  2. Hmmm...iya sih Mbak, kalau kemarahan di timbun di dalam hati, jadinya malah jadi penyakit hati, kalau orang sunda bilang kan jadi 'Ambek kapegung' gitu. Mengungkapkan kemarahan mungkin bisa jadi salah satu solusi, hanya saja yang perlu diperhatikan adalah cara penyampaiannya yang harus disesuaikan sebaik mungkin, agar tidak malah jadi masalah baru kedepan.

    Sekarang aku mau marah sama siapa yak??? Grrrrr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. marah ama aku juga boleh..

      *siapin tameng..*

      Delete
  3. Alhamdulilah gue habis baca artikel ini agak lega !!

    ReplyDelete