Saturday, December 29, 2012

[INFO] Jakarta Night Festival, 31 Desember 2012

Susunan Acara dan Jadwal Rangkaian Car Free Night pada Malam Tahun Baru

JAKARTA: Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman menuturkan malam tutup tahun (31/12/12) akan di ikuti oleh 3.000 orang yang perfomance. Menurutnya kegiatan Car Free Night bisa menjadi kegiatan rutin tahunan dengan brand event "Jakarta Night Festival".

Lebih lanjut Arie menjabarkan akan ada kegiatan hiburan yang meramaikan car free night. Diantaranya Chungcutters,Metro Voice,Group Vokal Polwan, sampai tarian tradisional.

Untuk Karnaval malam tahun baru akan diikuti oleh kurang lebih 3000 orang terdiri dari arak-arakan komunitas sepeda, Marching Band, Seni Budaya Nusantara.

Selain itu Rumah Batik Carnial, serta performing arts yang akan di ikuti oleh 2013 pelajar dengan formasi unik dalam tampilan seni budaya.

Rute yang ditempuh dimulai dari Balai Kota pukul 22.00 Wib ke jalan M.H. Thamrin dan finish di di Bunderan Hotel Indonesia sekitar pukul 23.00 Wib.

Puncak perayaan detik-detik pergantian tahun 2012 ke 2013 akan di pusatkan di panggung utama bundaran HI.

"Ada Pak Gubernur Joko Widodo bersama rakyat rayakan pergantian tahun. Nanti ada aksi kembang api, laser show,air mancur,penerbangan balon zeplin, serta live musik," ujar Arie usai bertemu Wakil Gubernur DKI, Jumat (28/12/2012). (ra)

Susunan Acara Car Free Night:

20.00-22.00 : Persiapan Karnaval Di Halaman Balai Kota
22.00 : Start Karnaval Di Lepas Gubernur DKI Jakarta
22.00-23.00 : Karnaval dari Balai Kota- Jl. Thamrin- Bundaran HI
23.00-23.30 : Peserta Karnaval Perform Mengelilingi Bundaran HI
23.30-23.57 : Persiapan Countdown
23.57-00.00 : Statment Gubernur dan Start Countdown
00.00-00.15 : Peluncuran Kembang Api (10 menit) dan Laser Show
00.15-01.30 : Dlanjutkan Dengan Hiiburan

Pesta pergantian tahun di Jakarta akan diselenggarakan dengan kegiatan pentas seni dan budaya bertajuk 'Jakarta Night Festival'. Penyelenggaraan acara tersebut dilakukan di sepanjang ruas protokol Sudirman-Thamrin dengan mengusung konsep car free night (bebas kendaraan pada malam hari).

Di sepanjang ruas Jl Jenderal Sudirman-Thamrin mulai dari Bundaran Senayan hingga gedung Balaikota didirikan 16 panggung hiburan. Oleh sebab itu, di sepanjang ruas jalan tersebut akan dilakukan penutupan arus total mulai pukul 20.00 WIB.

Rangkaian penyelenggaraan pesta pergantian tahun akan dimulai dengan karnaval budaya yang akan menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya dari pelbagai komunitas dan pelajar. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan ikut serta dalam karnaval tersebut.

"Karnaval dimulai dari Balaikota sampai Bundaran HI sekitar 1 jam. Karnaval diikuti 2000 peserta yang terdiri dari komunitas-komunitas dan pelajar," kata Kepala Dinas Pariwisata Ari Budiman kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (28/12/2012).

Berikut rangkaian acara car free night malam tahun baru di sepanjang Jl Jenderal Sudirman-Thamrin.

Senin, 31 Desember 2012

Pukul 14.00 WIB
Arahan (APP) personel yang terlibat pengamanan car free night malam tahun baru. APP dilakukan di lapangan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Pukul 15.00 WIB
Personel menempati pos masing-masing sesuai surat perintah. Pada jam ini, petugas penerangan lingkungan (penling) sudah menempati titik/simpang sesuai penugasannya masing-masing.

Pukul 16.00 WIB
Pembatasan kendaraan secara selektif yang akan melalui Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin

Pukul 18.00 WIB
Akses menuju Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin pada jalur cepat ditutup.

Pukul 19.00 WIB
Penutupan jalur cepat dan jalur lambat. Bagi tamu undangan atau pengunjung hotel yang melakukan kegiatan di hotel pada malam tahun baru masih diberi kesempatan untuk melintas secara selektif.

Pukul 20.00 WIB
Pelaksanaan car free night dimulai. Pada jam ini, ruas Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin di lajur cepat dan lambat ditutup total tanpa kecuali.

Senin, 1 Januari 2013

Pukul 01.00 WIB
Petugas Penling akan berpatroli sambil memberitahukan ke masyarakat bahwa pukul 02.00 WIB Jl Sudirman-Thamrin akan dibuka kembali.

Pukul 02.00 WIB
Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin diberlakukan normal kembali (dibuka untuk kendaraan). Traffic cone yang menutupi jalan akan dicabut.

Pukul 02.30 WIB
Petugas Penling atau Patwal menghimbau dan mendorong masyarakat untuk meninggalkan ruas Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin

Lokasi Tempat Parkir Selama "Car Free Night"

Terkait dengan pelaksanaan Car Free Night pada malam Tahun Baru 31 Desember 2012 mendatang, Dinas Perhubungan dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyediakan tempat-tempat parkir bagi pengguna kendaraan yang hendak menghadiri acara tersebut.

"Kantong-kantong parkir yang disediakan antara lain di lapangan parkir IRTI Monas, lapangan parkir Polda Metro Jaya, Parkir Timur Senayan, dan parkir-parkir off street di gedung dan mal yang ada di sepanjang lokasi Car Free Night," jelas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono di Mapolda Metro Jaya, Jumat (28/12/2012).

Pristono menjelaskan bahwa untuk mencapai kantong-kantong parkir tersebut, pemilik kendaraan dapat melewati jalur-jalur samping.

Ia menjelaskan, untuk ke IRTI Monas bisa melalui Jalan Medan Merdeka Barat, lalu belok ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan.

Sementara itu, pemilik kendaraan yang hendak memarkir kendaraan di Mapolda Metro Jaya dapat melalui Jalan Jenderal Gatot Subroto atau Jalan Senopati dan masuk ke kawasan SCBD.

Adapun untuk yang hendak ke Parkir Timur Senayan bisa menuju kawasan tersebut melalui Jalan Jenderal Gatot Subroto atau Jalan Asia Afrika dan kemudian berbelok ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

Pristono juga meminta kepada pengelola gedung dan mal yang berada di sepanjang lokasi acara untuk mengimbau pengunjungnya agar hadir sebelum pukul 20.00 WIB.

"Karena toleransi untuk dapat mengakses Sudirman-Thamrin hanya diberikan sampai pukul 20.00 WIB," kata Pristono.

Car Free Night atau Jakarta Night Festival akan diselenggarakan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan MH Thamrin mulai dari pukul 20.00 hingga pukul 02.00 WIB.

Acara tersebut akan diramaikan dengan panggung di 16 titik lokasi Car Free Night serta karnaval dari Balaikota sampai Bundaran HI.

Sumber : Kaskus, Dede Rohali

13 comments:

  1. Makasih infonya Gan! Nice Post!

    #nyari tameng

    ReplyDelete
    Replies
    1. polbek ya :D

      ikut menghancurkan....hahahahaha

      Delete
    2. Hiehieei acara Car Free Night + Jakarta Night Festival ini saya liat dari tayangan TV Swasta aja. Hiheiheie mantapppss Keren. Dan Bebas Macet

      Delete
  2. Wahh bisa nihh buat referensi tahun baru besok. salam kenal kak :) folbacknya donk. hhehe

    ReplyDelete
  3. kayaknya bakal ada yang berbeda perayaan akhir tahun 2012

    ReplyDelete
  4. iya, saya sepakat dengan Mas Rawins. meski asyik dan menjanjikan, saya mending cari acara di luar jakarta, Mbak. bebas dari kemrungsung, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga setuju sama mas zac,....jakarta gersang

      Delete