Sunday, December 30, 2012

Perlengkapan Makan

Aku dulu menanggap ibu-ibu jaman dulu kurang kerjaan karena ngumpulin perlengkapan makan seperti gelas dan piring sampai berlusin-lusin banyaknya. Tapi ternyata aku baru tahu kemudian bahwa perlengkapan ini digunakan kalau rumah mengadakan acara yang menggundang tamu banyak. Baru di acara seperti itu semua piring dan gelas tadi dipakai.

Orang jaman dulu juga lebih memilih memasak sendiri hingga tidak membutuhkan jasa catering. Jadi semua perlengkapan dapurnya juga lumayan lengkap, dari panci ukuran unyil sampai ukuran gaban. Begitu juga sendok dan garpu, pokoknya ga kalah sama perlengkapan makan dari catering.

Jaman memang sudah berubah, orang jaman sekarang kebanyakan ga mau repot kayak aku, pengennya simple dengan mencari jasa catering saja jika ingin mengadakan acara. Semua serba beres dan tinggal bayar doang. Tapi rupanya tetap saja sebagai emak-emak butuh perlengkapan yang agak banyak jika menjamu tamu yang datang. Di situlah aku belajar dari mertuaku, beliau lengkap sekali perlengkapan makannya. Tadinya kupikir ngapain sih punya gelas banyak-banyak, orang di rumah kan cuma sedikit. Ternyata ya itu tadi, buat kalo ada acara baru dikeluarkan.

Berbeda dengan ibuku sendiri, beliau tidak punya perlengkapan makan yang lengkap, cuma ada cangkir tamu kurang lebih selusin. Hanya cukup buat tamu yang sedikit. Apalagi piring, gelas dan sendok-sendok yang banyak, sama sekali ga punya. Mungkin ibuku menganut aliran ga mau repot yang tinggal panggil catering saja.

Sekarang aku sebagai penerusnya, alias udah jadi emak-emak juga, menganggap aliran mertuaku cukup baik. Selain selalu siap jika ada banyak tamu, bisa juga meminjamkan ke tetangga jika mereka suatu saat butuh. Makanya aku mulai mengumpulkan sedikit-sedikit perlengkapan makan tersebut. Mulai dari gelas, piring, sendok, mangkok. Pelan-pelan semuanya terkumpul banyak, jadi kalo ada tamu mendadak banyak ga bingung.

Dulu sebelum punya perlengkapan begini, biasanya pake gelas plastik atau piring kertas, itu kan praktis tuh. Tapi jadi mikir, kalo tiap kali begitu gimana sampah ga makin banyak ya..? Bukannya sok Go Green, tapi sedikit ikut mengurangi kan lumayan juga.. (─‿‿─)

Ya deh, sapa yang mo ikut arisan di rumahku minggu depan..? (✿◠‿◠)

80 comments:

  1. kalo ada klepon di sana, saya mau!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha....yang mau arisan bandot semua,benar2 jaman sudah berubah :D

      Delete
    2. kleponnya ganti bakso ya..? dua juga deh, tenang aja..

      Delete
    3. Yang ini baksonya masih kenya lhoooo..,ohok ohokk!!!

      Delete
    4. Hiehieiee akhirnya PANCI disebutkan secara jelas dalam postingan ini. Ini bukti sah dan meyakinkan mba Ay sagira memang sudah sangat memenuhi syarat menjadi Anggota KPK.

      Delete
    5. @Ay Sagira : Hihiehiee emak emak ya? Ah masa sih. (Masak di dapur Sep). Kalaw gitu kita kita bapak bapak donk hihiehieie. Punya alat makan yang banyak selain bias dipakai sendiri juga bisa dibisniskan. Kalaw orang mah bisnis penyewaan mobil (rental mobil), nah ini bisa membuka peluang bisnis baru, Rental Panci. Penyewaan Panci

      Delete
    6. panci kita buat masak apa sih? bubur apa klepon?

      Delete
    7. masak brondong...

      *iket Rudy..

      Delete
  2. Benar juga kak, bukannya mau sok ikutan go green juga. Tapi emang bener harus kurangi penggunaan peralatan sekali pakai yang akhirnya mencemari lingkungan.

    ReplyDelete
  3. iya mbak ibu - ibu biasanya begitu, ibu saya juga banyak koleksinya, terkadang di penjem tetangga kalau lagi ada acara/hajatan...

    terkadang mulanginnya nggak pas, kadang di ganti kadang nggak yah di iklasin deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang saya pun seperti emak-emak kalo istri lagi ngambek

      Delete
    2. Terkadang aku juga...lupa mao komen apa!

      Delete
    3. suer.....ngakak aku baca kolom ini,ternyata pada pinter ngerumpi nih bapak2 ya :D

      Delete
    4. wkwkwkwk.. ancur pisan deh ah..:))

      Delete
    5. Tapi tuan rumah suka kaaan???

      Delete
    6. tuan rumahnya bukan emak-emak nih kayaknya

      Delete
    7. rasanya punya istri gmana gan ?

      Delete
    8. tuan rumahnya anak kecil nyamar jadi emak-emak..

      Delete
    9. @ mas handi : liat-liat karakter istrinya, mas..

      Delete
  4. Replies
    1. Bapak-bapak gak boleh, kalo berondong boeh!

      Delete
    2. cewe boleh, bapak2 tunggu di luar, brondong ikut ke dapur..!

      Delete
    3. Aku tak terbiasa masuk ke dapur, aku lebih terbiasa masuk ke dalam hati wanita!

      Delete
    4. ayo, kang zach.. kita tunggu di luar aja

      #menunduk sedih

      Delete
    5. nggak ahh, saya mau ikutan aja. di luar males, temennya Kang Asep doang

      Delete
    6. ikut kedapur ach ane.. kan ane brondong..hee

      Delete
    7. wah ..brondongnya tambah satu..:))

      Delete
    8. haha.. klo brondong identik ma lugu.. emg saya lugu kok..hee lugu apa bodoh yaa ?

      Delete
    9. kang rudy ada saingan baru......

      Delete
  5. hahahaha..emak Ayyyy :p

    benul banget tuh masalah penimbunan barang..eehh..pembelian perlengkapan makan...kaya mamaku..piringnya bejibun, panci, sendok, kompor, gelas, baskom...ckckck..kalo butuh duit trus saya obral bisa laku banyak tuh...hartanya emak2 tuh teh..hahah..

    oh ya. kata bapakku, kalo buka jasa peminjaman peralatan makan mamaku dah bisa jadi pengusaha.hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide bagus tuh kata bapak, mayan buat jajan bubur..:D

      Delete
    2. ah mba Ay Sagira nyebut BUBUR ya. Ihk saya jadi malu. *Pake Celana

      Delete
    3. jadi dari tadi ga pake celana..??!

      *tutup muka sambil ngintip

      Delete
  6. alirannya oke tuh Mbak Ay, bisa saya ikutin nti kalau dah jadi emak-emak lho?

    #Arisannya nti banyak kuenya dunk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo brondong banyak gak ya???

      #ngibrit

      Delete
    2. kuenya banyak, brondongnya cuma atu.. itu pun di iritt banget :))

      Delete
    3. Maklum, brondong yang satu itu adalah brondong yang Limited Edition.

      Delete
    4. Brondong itu yang cemilan jagung ya kayak pop corn

      Delete
    5. ikut gabung jadi brondong dong..hee

      Delete
    6. yang dijual saat nonton layar tancap kan?

      Delete
    7. yang makannya berdua ama pacar..

      Delete
  7. seneng jd followersnya.. update terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya....jangan lupa follow saya juga ya,thankz :)

      Kaburrrrrr

      Delete
    2. buat apa itu panci ? mau masakin ane yaa.. makasih ya udah repot2..hee

      Delete
  8. benar mbak ...
    lagian kalau ada acara dan pakai katering terus kan lebih boros juga ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, sayangnya aku ga bisa masak..:))

      Delete
  9. Asal Mbak Ay tahu aja yaa...ternyata ibu ku juga mempunyai lemari rahasia yang didalamnya terdapat piring, mangkuk, garpu dan sendok yang banyak banget, kecuali gelas. Ternyata!

    Arisan? aku yang ngocoknya yaa!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah bukan rahasia,nyatanya mas Rudy tau....:D

      Delete
    2. TST itu mah yaa...Tau Sama Tau..:D

      Delete
    3. Aku hanya tak ingin ada rahasia diantara kita!

      Delete
  10. berarti mertuanya aliran alternatif ya....banyak piringnya hikz

    ReplyDelete
    Replies
    1. alternatif cenderung metal, banyak perniknya soalnya :D

      Delete
  11. ay sagira : maaf mbak , fotonya dari jauhan kayak cowo hehe, piss mbak, maaf :D
    sudah berkeluarga ya, sudah jadi ibu ya, sukses selalu ya ^_^

    iya tuh sekarang mah bisa calling-calling, mau pesen martabak dikirim aja langsung sampe :D
    mungkin gitu ya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh.. ternyata aku keliatan jantan toh...:))

      Delete
    2. bukan sekedar jantan mbak.. gagah..hee

      Delete
  12. "Jadi semua perlengkapan dapurnya juga lumayan lengkap, dari panci ukuran unyil sampai ukuran gaban."

    dari cuplikan diatas saya jadi tau klo mbak Ay juga penggemar Gaban.. hik.. hik.. jadi terharu.. saya kira hanya saya aja penggemar gaban.. ternyata saya ada temannya yg sama-sama penggemar gaban T.T

    ReplyDelete
  13. boleh gak ane ikut gabung di arisan yang seru ini..

    ReplyDelete