Sunday, June 30, 2013

Mengolah Fisik

Sejak hampir 3 bulan ini aku menambahkan jadwal olahraga dalam keseharianku. Ini lebih karena aku punya anenima akut juga untuk kesembuhan fisikku yang ringkih yang berasal dari luka di lambungku. Mulai bertahap dari jalan pagi selama 30 menit setiap paginya, lumayan dapat 2 Km per sekali jalan. Awalnya memang ada nyeri yang menusuk ulu hati, tapi makin ke sini makin berkurang. Tensi yang ngedrop setiap pagi pun berkurang, sedikit bergerak di pagi hari ternyata efeknya besar sekali buatku.

Anemia membuatku selalu lemes, jadi kalo bangun tidur rasanya mo jatuh, lagi ngerjain apa-apa berasa pusing. Dokter ngasih tambahan suplemen penambah darah, tapi juga berpesan untuk olahraga, katanya darah rendah itu karena gerakan darah terlalu lemah hingga lambat masuk ke dalam otak, dengan olahraga tubuh dipaksa untuk bergerak jadi darah lebih cepat menyebar keseluruh tubuh (nek ra salah).

Setiap minggu pagi ada jadwal nyepeda sama akang, biasanya aku nyepeda sendirian, tapi saat akang pernah tes darah dan hasilnya dia punya kolestrol, akhirnya dia ikutan nyepeda bareng aku. Ternyata bersepeda ada temennya tuh lebih enak daripada sendirian, ga bengong karena ada teman bercakap-cakap.

Jalur yang biasa kami tempuh adalah jalur BKT, karena di jalur itulah kendaraan jarang lewat, paling hanya motor satu dua saja. Selebihnya orang-orang berolahraga termasuk bersepeda. Pertama kali bersepeda rasanya betis kenceng, kaki berasa mau patah, tapi lama kelamaan biasa. Minimal jarak yang kami tempuh sekitar 20 km pulang pergi. Tapi kalo niat sampai laut Marunda (jalur BKT kalo ke arah utara mentoknya di laut Marunda), berarti kami gowes sekitar 35 km pulang pergi, itu bisa ditempuh dalam 2 jam perjalanan plus 30 menit buat ngaso.

Pokoknya hari-hari dipenuhi olahraga, ben cepet sembuh, biar bisa ngerjain semua kerjaan tanpa harus mengeluh ulu hati sakit. Juga membuang semua pikiran negatif, membuang semua hal yang merugikan jiwa. Sudah saatnya memikirkan diri sendiri, lagian ini kewajiban kita kan menjaga fisik dan hati kita, dilarang menzolimi diri sendiri. Sudah cukup lah bersikap bodoh.. enough is enough..

Yuk, sapa yang mo ikutan gowes minggu depan..? :-)



9 comments:

  1. segala penyakit memang bisa diatasi dengan berolahraga , bukan cuma anemia,
    dan bersepeda adalah salah satu olahraga yang menyenangkan...
    semoga cepat sehat kembali ya....salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas Hari..
      semoga mas juga selalu dalam keadaan sehat selalu.. :)

      Delete
  2. Olah raga rutin juga membantu mencegah timbulnya kanker lho. Selamat sepedaan ya. BTW itu pemandangan kayak di Indtramayu ya? Cuma kurang bebek baris diangon peternaknya?

    Salam sehat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai bun..kangeenn.. :)
      Pemandangannya kayak indramayu sebelah mana bun? ..hehehe..
      jadi kangen kehidupan di Indramayu saat SD dulu..

      Bunda juga cepet sehat ya..!

      Delete
  3. Yuk kapan-kapan kita gowes sampe Marunda mbak, enakan pagi-pagi biar pulangnya ndak kepanasan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk atuh, ini juga jalannya setelah subuh biar pulangnya ga kepanasan..:)

      Delete
    2. saya pernah berangkat jam 7, nyampe rumah jam 11.30 siang, bukan kepanasan lagi tapi udah kebakar :D

      Delete
    3. jam 7 mah udah kesiangan mas..:D
      gosong dah bisa2..hehehe.

      Delete
  4. pas banget saya mampir kesini, bini juga sering ngeluh kurang darah dan gampang pusing, terutama kalau akhir bulan....mulai besok mau olah raga bareng ah...
    ups?! besok kan masih puasa....olah raga malem azh dulu deh....hehehe

    ReplyDelete